-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Rayakan Kemerdekaan, Mahasiswa KKN-T IPB Lakukan Pengolahan Ikan Bersama PKK Koto Sani


Senin, 17 Agustus 2020 bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, Mahasiswa KKNT IPB bersama Ibu PKK Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok melakukan kegiatan pengolahan daging ikan menjadi nugget dan bakso ikan. Nagari Koto Sani memang terkenal dengan komoditas unggulan perikanannya.

Baca Juga: Bagurau Merah Putih 24 Jam Non Stop Digelar Dalam Rangka Peringatan HUTRI Ke 75

Ikan dari daerah ini berhasil mendominasi pasaran Kabupaten Solok dengan Ikan Nila dan Lele sebagai produk utamanya. Selama ini mayoritas masyarakat Koto Sani menjual ikan dalam bentuk mentahan. Oleh karenai itu, sepuluh orang mahasiswa yang menjalankan Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) yang diketuai oleh Khairurijal dari kampus terbaik di Indonesia ini berinisiatif untuk membuat produk olahan nugget dan bakso ikan.

Kegiatan pengolahan daging ikan menjadi nugget dan bakso ini merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKN-T IPB sekaligus menjadi perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke 75. Ibu-Ibu PKK Nagari Koto Sani juga dilibatkan sehingga dapat mencapai tujuan program yaitu memberikan pelatihan pengolahan daging ikan dalam meningkatkan nilai tambah penjualan dari masyarakat Nagari Koto Sani.


Jika biasanya ikan nila dijual mentah dengan harga 1 kg nya sekitar Rp30.000,00, maka apabila diolah menjadi nugget dan bakso ikan, harga dari 1 kg ikan dapat meningkat menjadi Rp40.000,00 – Rp60.000,00. Keuntungan nya bisa meningkat lebih dari 50% –ujar salah satu mahasiswa KKN-T IPB, saat melakukan pelatihan.

Baca Juga: Guru Sekota Payakumbuh Jalani Tes Swab

Kegiatan pengolahan ikan didemonstrasikan oleh mahasiswa KKNT. Proses pembuatan nugget dan bakso dinilai sederhana karena bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan. Adapun bahan untuk membuat nugget dan bakso tidak jauh berbeda yaitu tepung terigu, tepung tapioka, wortel, bawang merah, bawang putih, bawang bombai serta bumbu halus seperti garam, gula, lada, dan penyedap rasa.

Respon Ibu-Ibu PKK sangat antusias. Bersamaan dengan kegiatan ini, Ketua PKK Nagari Koto Sani, Ibu Mira menyatakan selamat dan terimakasih kepada mahasiswa KKN-T IPB Solok 02.

Ilmu olahan ikan dirasakan sangat berguna dan bermanfaat bagi ibu-ibu tidak hanya untuk memberikan nilai tambah produk ikan, tetapi juga mampu membuat makanan enak dan bergizi untuk keluarganya. 'Nugget dan bakso nya sangat enak serta bergizi, cocok sekali untuk anak-anak dirumah  ujar salah satu Ibu anggota PKK Nagari Koto Sani.

Baca Juga: Wawako Isolasi Mandiri, Sekda Gantikan Jadi Irup Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

Selain melakukan kegiatan pengolahan daging ikan, mahasiswa KKN-T IPB yang semuanya juga berasal dari Kabupaten Solok ini melakukan beberapa program lain seperti pembuatan Budikamber (budidaya ikan dan sayur dalam ember), pembuatan taman herbal IPB dengan bibit unggulan yang didatangkan langsung dari IPB, sosialisasi COVID-19, dan mengajar anak-anak sekolah yang sedang menjalani studying at home. Harapannya dengan adanya KKN-T IPB ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. (*)

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar