-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Menteri PDTT Kunjungi Nagari Sungai Pinang


Pesisir Selatan-- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI,  Abdul Halim Iskandar, dengan didampingi istri, Ny Lilik Umi Nasriah melakukan kunjungan ke Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan,  Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Jumat (24/7) kemaren.

Kunjungan yang bertujuan untuk melihat secara dekat terkait  progam nagari itu melakukan pembuatan perahu nelayan dengan memanfaatkan dana desa (DD)  tersebut, disambut oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, dengan di dampingi Sekda, Erizon, para kepala perangkat daerah, Forkopimda, Camat Koto XI Tarusan,  Deny Anggara, wali nagari, serta masyarakat setempat.

Baca Juga: Putra Luak Limopuluah Pimpin penelitian vaksin Covid-19

Nagari Sungai Pinang dinilai mampu melakukan terobosan di tengah pandemi Covid-19. Salah satu terobosan itu adalah memanfaatkan dana desa untuk meningkatkan produktivitas masyarakat nelayan. 

Sebab melalui dana desa, Nagari Sungai Pinang, telah membuat 37 unit perahu dengan anggaran Rp 11 juta per unit.

Karena memiliki manfaat yang sangat besar dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, sehingga peluncuran bantuan itu dilakukan langsung oleh Menteri Desa PDTT RI.

Menteri Desa PDTT RI, Abdul Halim Iskandar, dalam sambutannya mengatakan bahwa nagari Sungai Pinang memiliki langkah yang sangat tepat, karena telah memanfaatkan dana desa untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Untuk mengembalikan ekonomi Indonesia sangat besar pengaruhnya bisa dilakukan oleh pemerintah ngari. Sehingga sangat tepat dana desa digunakan untuk membantu ekonomi masyarakat melalui pembuatan perahu nelayan, katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa keberadaan perahu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi nelayan.

Melalui peningkatan ekonomi itu, maka daya beli masyarakat akan semakin meningkat pula, walau di tengah pandemi Covid-19, ujarnya.

Dia berharap gerakan cerdas yang dilakukan oleh Nagari Sungai Pinang juga ditiru oleh nagari lainnya di daerah itu.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, melalui sambutannya mengatakan bahwa kunjungan menteri tersebut juga bertujuan untuk melounching, pemanfaatan perahu nelayan bagi masyarakat penerima manfaat. 

Saya berharap melalui Kunjungan menteri ini, semua Nagari yang ada di Pesisir Selatan akan semakin mendapatkan perhatian oleh pusat, salah satunya peningkatan anggaran melalui dana desa. Sebab salah satu manfaat yang dirasakan melalui dana desa ini adalah bisa meningkatkan ekonomi, katanya.

Baca Juga: Tiku V Jorong Kembali Direndam Banjir

Diungkapkannya bahwa di Nagari Sungai Pinang, dimanfaatkan oleh pemerintah nagari membuat perahu.

Dengan adanya program nagari membuat kapal, maka ekonomi masyarakat akan semakin meningkat, ujarnya. Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Desa PDTT RI, karena telah menyampaikan diri datang ke Pesisir Selatan, khususnya di Nagari Sungai Pinang. 
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar