Search

Madu Non Lebah Asal Sijunjung Rambah Pasar Antar Pulau Di Indonesia


Sijunjung,-Mungkin selama ini yang akrab di telinga dan mata kita tentang madu hanya madu lebah. Namun ada satu lagi madu yang tidak kalah manfaatnya dari madu lebah yang berasal dari hewan tidak ada senjata pamungkas penameng dirinya. Madu galo galo orang Sumbar namakan. Saat ini hewan yang akrab dengan nama galo galo sudah ada yang membuat peternakan galo galo buat hasilkan madu alias manisan galo galo. Yaitu di Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat.

Baca Juga: Viral Pernyataan DPRD Riau Tentang PLTA Koto Panjang, Gubernur Dan DPRD Sumbar Angkat Bicara

Madu Galo-galo tersebut ada di Nagari Lalan kecamatan Lubuk Tarok kabupaten Sijunjung. Walau saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19 namun tetap Eksis. Usaha madu galo-galo ini dikelola oleh Yunike Filmar.

Bahkan usaha yang dikelola pemuda pelopor nasional ini, kini telah merambah hampir keseluruh Kota yang ada di pulau Sumatera dan Jawa. Saat ini permintaan konsumen akan madu galo-galo sangat tinggi. Terbukti, tiap kali panen madu galo-galo itu selalu habis.

Setiap panen mencapai ratusan botal yang dikirim ke konsumen dan ludes seketika. Untuk memenuhi permintaan konsumen, kita bermitra dengan peternak galo-galo Sumatera Barat lainnya, ucap wanita muda panggilan akrab Efil itu pada awak media, Kamis (30/7) kemaren.


Bahkan, atas usaha galo-galo Yunike Filmar, telah menerima Anugerah Kepemudaan tahun 2019 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Menurut Efil, madu galo-galo ini sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh di era new normal.

Nah, ditengah Covid-19 ini, madu galo-galo sangat tepat untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain menjaga daya tahan tubuh, khasiat madu galo-galo juga mencegah kencing manis, meningkatkan daya ingat dan membantu meredakan flu dan batuk, ucap Efil.

Baca Juga: Elly Kasim dan Indo Jalito Berkurban Di Payakumbuh

Tak hanya itu, madu dari Nettar alami sangat cocok dikosumsi penderita diabet dan meredahkan sariawan serta meredahkan stres. Serta mengandung asam fenolik yang berfungsi anti kanker serta manfaat madu juga berguna sebagai anti bakteri dan anti virus alami. Selain itu juga berpungsi untuk masker wajah/perawatan kulit, terangnya.

Juga mempercepat penyembuhan luka bakar, tambah Efil menyebutkan manfaat madu galo-galo itu.(alim/beritasumbar.com)