Search

Bupati Keluarkan SE Hari Raya Idul Adha Bebas Sampah


Pesisir Selatan- Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengeluarkan Surat Edaran No.660/289/DLH-PS/VII/2020 tanggal 22 Juli 2020 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah yang ditujukan kepada perangkat daerah, camat dan walinagari se kabupaten. Demikian disebutkan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pesisir Selatan, Beny Rizwan, Kamis (23/7) di Painan.


Surat edaran itu merujuk pada Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan SE.8PSLB3/PS/PLB.0/7/2020 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah. Hal itu dilakukan dalam rangka menunju masyarakat produktif aman Covid 19, dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid 19, katanya.

Disebutkan, melalui surat edaran itu semua pihak diminta agar dalam pembagian daging hewan kurban tidak menggunakan kantong plastik dan mengimbau masyarakat agar membawa wadah sendiri dari rumah untuk membawa daging hewan kurban.

Alternatif yang bisa digunakan sebagai wadah daging hewan kurban adalah dengan menggunakan daun (daun pisang atau daun talas), anyaman bambu atau wadah lain yang tersedia di daerah masing-masing.


Menyediakan sarana dan prasarana pengolahan sampah, seperti tempat sampah terpilah di lokasi pelaksanaan Salat Idul Adha. Melaksanakan pengumpulan dan pengangkutan sampah. Menyediakan satuan tugas khusus di lapangan yang menangani sampah sekaligus sebagai tenaga edukasi publik dalam pengurangan sampah plastik.

Disamping itu, pihaknya menggerakan aparatur pemerintah dan masyarakat agar peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Kita mendorong seluruh aparatur serta elemen masyarakat agar melakukan pembersihan dan pembenahan lingkungan perkantoran baik milik pemerintah maupun swasta, sekolah, tempat ibadah, lingkungan permukiman, drainase dan lainnya, ungkapnya.

Ia mengatakan, kepedulian semua elemen yang ada untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat harus ditingkatkan.


Kita juga terus melakukan sosialisasi kepada seluruh aparatur dan elemen masyarakat akan pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat melalui giat pembinaan, jelasnya.(humas)