Search

Objek Wisata Lembah Harau

foto milik Rino Chandra

SalingkaLuak.com,- Lembah Harau, mungkin sudah tidak asing bagi pembaca nama tersebut. Beberapa waktu lalu populer dengan istilah Harau Go To World.

Lembah Harau merupakan salah satu objek wisata di Luak Limopuluah tepatnya di Nagari Harau dan Nagari Tarantang kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera barat. Dari pusat kota Payakumbuh lebih kurang 17 km.

Jika kita dari arah Kota Payakumbuh jalan yang ditempuh lurus saja, sampai di Pasar Sarilamak kembali lurus masuk ke jalan yang sudah ada gerbang bertuliskan geopark Lembah Harau. Setelah melewati gerbang utama tempat jual lapor dan penjualan tiket masuk kita lurus lagi sampai ada pertigaan. Pertigaan ini di Jorong Lubuak Limpato.

Baca Juga: Alumni Ikasmanda Gelar Halal Bihalal Virtual

Jika kita belok kiri maka kita sampai di air terjun Aka Barayun. Kalau terus saja sampai kita di perkampungan Nagari Harau. Untuk melihat lokasi wisata yang saat ini viral didunia maya kita belok kanan di pertigaan Lubuak Limpato. Sekitar 2 km dari simpang tiga tersebut maka akan dijumpai lokasi yang viral tersebut.

Lembah Harau memilikik iklim yang sejuk karena diapit tebing tebing bukit yang terjal. Konon ceritanya lembah ini tercipta dari penyusutan air laut tempo doeloe. WallahuAlam kebenarannya tapi itu sudah mengakar ditengah masyarakat. Batu tebing lembah juga memiliki kekerasan dan kesamaan dengan batu karang laut. Dinding bukit dihiasi banyak air terjun yang berasal dari anak anak sungai di puncak bukit. Sayang kalau lagi musim kemarau banyak yang kering karena bukit sudah beralih fungsi jadi lahan pertanian masyarakat.

Kali ini kita tidak membahas asal usul Lembah Harau. Tapi Lembah Harau kekinian dengan segala ragam keunikan buat menarik kunjungan wisatawannya.

Baca Juga: Gubernur Irwan Prayitno Saksikan Gerhana Matahari di Masjid Raya Sumbar

Saat ini viral di media sosial lokasi Lembah Harau dengan kampung Eropa, Kampung Korea dan Kampung Jepaang. Karena penggiat wisata swasta ada membangun spot spot foto ala tersebut.