-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Meniran Alias Sidukung Anak, Tanaman Sekitar Rumah Yang Banyak Khasiatnya



Salingkaluak,-Mungkin banyak diantara kita yang kenal dengan tanaman satu ini, tapi tidak begitu mengetahui apa kasiatnya buat tubuh. Mungkin hanya tanaman belukar kecil yang bila tumbuh dekat rumah akan lansung dicabut layaknya rumput rumput liar. Meniran namanya bagi orang seberang. Sidukung anak orang Minang dan melayu namakan.

Ternyata tumbuhan ini banyak mengandung khasiat buat kesehatan manusia. Daun Meniran ini memiliki nama asli (Phyllanthus Urinaria) dengan siklus hidup ada yang pendek dan ada yang sampai tahunan, Berbatang pendek dengan ramai carang serta daun kecil disetiap cabang batang.

Tanaman liar ini tersebar dalam berbagai kawasan tropis di Asia dan Tiongkok. Di berbagai negara, daun meniran banyak digunakan dalam pengobatan alternatif untuk mengatasi jaundice (penyakit kuning), diabetes, malaria, hingga penyakit yang menyerang organ hati.

Kandungan dan manfaat daun meniran
Daun meniran memiliki banyak spesies dan kebanyakan dari mereka sudah banyak diolah menjadi ekstrak daun meniran yang memiliki banyak manfaat dalam pengobatan tradisional. Lalu, apa saja manfaat daun meniran untuk kesehatan?

Menyembuhkan penyakit hati
Manfaat daun meniran ini datang dari kandungan polifenol unik yang terdapat pada daun meniran, yakni phillantin. Polifenol ini terbukti dapat membantu menormalkan kembali produksi enzim hati sekaligus mencegah hati mengalami kerusakan yang lebih serius.

Ekstrak beberapa jenis daun meniran juga terbukti dapat melindungi sel hati dari stres oksidatif. Namun, manfaat ini baru diuji pada hewan di laboratorium, sedangkan efeknya terhadap manusia belum bisa dipastikan.

Mencegah batu ginjal
Daun meniran sudah lama digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mencegah dan mengobati batu ginjal. Meski demikian, untuk mendapatkan manfaat daun meniran ini, Anda harus memasukkannya melalui vena (infus), bukan diminum.

Berdasarkan penelitian, orang yang rutin melakukan infus mengandung daun meniran selama 12 minggu terbukti dapat meluruhkan batu ginjal. Selain itu, kadar asam urik dan oksalat dalam urine juga berkurang sehingga dapat mencegah batu ginjal datang kembali.

Namun, sebaiknya jangan menjadikan daun ini sebagai obat utama untuk penanganan batu ginjal Anda. Pasalnya, jika terjadi alergi justru akan menyebabkan reaksi parah yang dapat membahayakan nyawa.

Membantu melawan tukak lambung
Sifat antiperadangan pada meniran hijau disebutkan juga dapat melawan tukak lambung. Selain itu, tumbuhan ini juga mampu mengurangi sekresi asam lambung serta melindungi lambung.

Memiliki sifat antimikroba
Ekstrak meniran hijau ditemukan dapat melawan bakteri H. pylori. H. pylori umum terdapat di saluran pencernaan dan biasanya tidak berbahaya. Namun, di beberapa kasus, bakteri ini dapat menyebabkan sakit perut, mual, dan ulkus peptik.

Bersifat antikanker
Manfaat daun meniran dalam pengobatan tradisional lainnya adalah dapat mencegah tumbuhnya tumor baru pada manusia. Cara kerja daun meniran dalam hal ini pun cukup unik, yakni memperlambat pertumbuhan sel tumor atau kanker dengan bertindak sebagai sel mati yang menyerupai kanker.

Menangkal radikal bebas
Daun meniran hijau dapat bertindak sebagai molekul antioksidan, khasiat yang menjadi khas banyak tumbuh-tumbuhan. Molekul antioksidan diperlukan tubuh dalam mengendalikan radikal bebas berlebih. Sebab, apabila tak terkendali, radikal bebas dapat memicu kerusakan sel dan berujung pada berbagai penyakit.

Baca Juga: Khasiat Marunggai Alias Daun Kelor Ditengah Pandemi Covid-19

Dengan adanya sel mati ini, sel kanker yang telah ada akan bersifat abadi sehingga tidak memicu munculnya sel kanker baru untuk menggantikannya. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lanjutan sehingga manfaatnya masih belum valid.

Meredakan peradangan
Selain memiliki efek antioksidan, meniran hijau juga diyakini memiliki sifat antiperadangan. Kesimpulan ini diambil berdasarkan temuan sebuah riset pada hewan dalam jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies.
Peradangan sendiri dapat menimbulkan masalah pada tubuh, mulai dari masalah kulit hingga sakit yang kronis.

Bersifat diuretik
Ketika daun meniran direbus, airnya dapat diminumkan ke penderita diare maupun diabetes untuk meredakan masalah kesehatan tersebut. Daun meniran dipercaya memiliki sifat diuretik dan purgatif yang dapat menangani masalah urogenital.

Berpotensi untuk menangani hepatitis B
Meniran hijau disebutkan memiliki sifat antivirus. Dengan begitu, tumbuhan ini memiliki potensi kesehatan untuk menangani hepatitis B. Walau temuan ini menarik, meniran hijau cenderung tidak mampu menangani hepatitis kronis.

Efek samping mengonsumsi daun meniran
Meski manfaat daun meniran banyak dirasakan oleh mereka yang menjalani pengobatan tradisional, bukan berarti penggunaan daun ini tidak memiliki efek samping. Meminum air rebusan daun meniran mungkin akan mengakibatkan sakit perut dan diare, sedangkan penggunaannya sebagai obat jangka panjang belum diketahui efek sampingnya.

Sumber : sehatq.com



Related Posts

Related Posts

Posting Komentar