Search

Karupuak Podeh, Cemilan Enak Dengan Citarasa Rendang



SalingkaLuak.com, - karupuak podeh begitu orang di Luak Limopuluah ini memberi nama makanan cemilan satu ini. Mungkin karena kerupuk yang memiliki rasa pedaslah awalnya cemilan ini bernama seperti itu. Dan memang kerupuk yang berbahan ubi ini dicampur dengan minyak samba randang. Sehingga ada rasa pedasnya.

Kerupuk ini jadi usaha rumahan beberapa keluarga di Koto Nan Gadang. Dan sudah berjalan bertahun tahun. Untuk bahan baku ubi biasa didapatkan dari salingka Luak Limopuluah. Ubi tidaklah sulit didapat didaerah ini.

Yang banyak didatangkan dari luar itu minyak buat menggorengnya. Minyak yang di olah ulang dari minyak rendang atau randang kadang orang menyebutnya.

Sekilas minyak rendang ini berasal dari minyak endapan sambal rendang. Rendang yang sekaranv populer jadi masakan terenak didunia tersebut berbahan baku kelapa. Dan santan kelapa ini memgandung minyak nabati.

Saat dijadikan memasak rendang maka minyak akan muncul. Makin dihangatkan makin keluar minyaknya. Dan sudah otomatis minyak ini bercampur dengan bumbu masak rendang. Inilah menjadi sumber kerupuk pedas cemilan murah meriah dengan citarasa rendang.

Minyak yang didapat dari rendang ini di olah lagi dengan memasak layaknya membuat minyak kelapa biasa. sampai warnanya seperti minyak goreng biasa.

Untuk wilayah Luak Limopuluah mungkin tidaklah sulit mendapatkan kerupuk pedas ini. Banyak warung warung menjualnya. Karena para pembuat kerupuk pedas ini juga mengemas dalam pack kecil dijual sejangkauan belanja anak anak di kampung kampung.

Buat dunsanak pembaca yang berada di ranah rantau tentu bisa dapatkan melalui pesanan. Kerupuk ini bisa tahan lama sehingga tidak akan mengurangi rasa jika dikirim kerantau yang butuh waktu sehari sampai tiga hari.

Usaha kerupuk pedas alias karupuak padeh ini secara tidak lansung sangat berdampak buat ekonomi keluarga terutama sekitar lokasi pembuatannya. Rata rata pelaku usaha satu ini mempekerjakan beberapa tenaga kerja untuk membuat dan mengemas. Serta juga bagian pemasaran biasanya dipegang oleh pedagang atau pemasok makanan ke warung warung.

Untuk pemesanan bisa dalam bentuk packing dan kiloan.

Yang berminat bisa hubungi :  order.payokurir.com