Search

Kunjungi Lokasi Banjir Bandang di Agam, Kapolda Sumbar Serahkan Bantuan



Agam - Musibah banjir bandang kembali melanda di wilayah Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Hujan dengan intensitas tinggi ini, terjadi pada hari Rabu tanggal 20 November 2019 sore sekitar pukul 18.30 WIB. Akibatnya, beberapa rumah warga di wilayah tersebut diterjang tanah longsor. Selain itu, material tanah dan bebatuan juga menutup akses jalan disekitarnya.

Informasi yang diperoleh, sebanyak 13 kepala keluarga menjadi korban dari musibah yang. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Pihak kepolisian dari Polres Agam, Kodim 0304/Agam, BPBD dan instansi terkait lainnya bersama-sama membantu membersihkan material tanah yang menimpa rumah warga.

Sementara itu, setelah mendapatkan informasi musibah yang terjadi di wilayah hukumnya, Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Fakhrizal, M.Hum meninjau langsung lokasi kejadian.

Kedatangan Kapolda beserta rombongan, disambut Bupati Agam Indra Catri, Wakil Bupati Trinda Farhan Satria, Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan, Dandim Agam Letkol Victor dan tokoh masyarakat setempat.

Selain datang untuk melihat dampak yang terjadi akibat banjir bandang ini, Irjen Pol Fakhrizal juga memberikan bantuan sembako dan uang tunai untuk meringankan beban korban.

"Hari ini saya sengaja datang kesini untuk melihat bagaimana penanganannya. Alhamdulillah penanganannya sudah sangat baik", ucap Irjen Pol Fakhrizal, Jumat (22/11) di lokasi banjir bandang.

Kapolda Sumbar menuturkan, musibah yang terjadi itu merupakan murni akibat bencana alam, dan bukan karena illegal logging.

"Ini betul-betul musibah, karena hujan lebat dan curah hujan tinggi. Dan ini daerah jalur merah (rawan), masyarakat juga sudah diingatkan untuk relokasi namun sampai saat sekarang masyarakat betah tinggal di sini", pungkasnya.

Selain Kapolda Sumbar, beberapa pejabat utama Polda Sumbar juga ikut mendampingi, diantaranya Karoops Kombes Pol Firly RS, Dirlantas Kombes Pol Nurhandono, Dirpolairud Kombes Pol Soelistijono, Kabid Propam Kombes Pol Suranta Pinem dan Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu.(*)