Headline

random

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Dengan Pengurus Remaja Masjid


Payakumbuh- Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh laksanakan Rapat Koordinasi Remaja Mesjid untuk Peningkatan Pembinaan Remaja Mesjid se Kota Payakumbuh di Aula Ngalau Indah Lt.III Balaikota Eks Lapangan Poliko, Senin (29/7).

Rapat yang di pimpin langsung oleh Kabag Kesra Ul Fakhri dan turut di dampingi oleh Staf Ahli Walikota Payakumbuh Ir. Syahrir serta Kementerian Agama di wakili Endra Rinaldi dan dalam hal ini peserta terdiri dari Pemko, Remaja Mesjid, Pengurus Mesjid dan Para Lurah Se Kota Payakumbuh.

Kabag Kesra Ul Fakhri menyampaikan keinginannya agar mesjid bukan hanya untuk sarana ibadah saja tetapi dapat menjadi pusat pendidikan Islam serta penguat ekonomi umat.
"Alhamdulillah barusan kita sudah melaksanakan Rakor untuk peningkatan pembinaan Remaja Mesjid se Kota Payakumbuh. Ini menjadi menarik karena Remaja Mesjid merupakan salah satu komponen yang kita harapkan untuk menyemarakkan dan memakmurkan mesjid di Kota Payakumbuh. Karna kita menginginkan mesjid tidak hanya sebagai sarana ibadah saja tapi juga bisa menjadi sarana pemberdayaan umat secara umum termasuk diantaranya sebagai pusat pendidikan Islam dan juga sebagai penguatan ekonomi umat," kata Ulfakhri.

Kabag Kesra juga menyampaikan rata-rata permasalahan yang ada di setiap mesjid, diantaranya adalah tidak adanya wadah yang menampung anak usia remaja di mesjid "selama ini selalu jadi permasalahan rata-rata di setiap Mesjid ketika anak anak usia TPQ mesjid ramai, namun ketika sudah masuk usia remaja tidak ada lagi wadah yang menampung mereka di mesjid, jadi salah satu yang bisa di manfaatkan adalah Remaja mesjid," terangya.

Ul Fakhri menyebutkan penyebab terjadi permasalahan tersebut adalah perbedaan pola pikir antara pengurus mesjid dengan pengurus Remaja Mesjid, "sering juga kita temukan perbedaan pola pikir bapak-bapak yang tergabung dalam pengurus mesjid dengan pola pikir pengurus Remaja Mesjid yang mana pemuda mungkin cenderung inovatif ingin sesuatu yang beda," jelasnya.

Lebih lanjutnya ia menyampaikan akan dilakukan Pembinaan terhadap Remaja Mesjid, mengaktifkan remaja mesjid untuk turut serta berperan aktif mendukung program Pemerintah Kota, " nantinya akan ada Pembinaan terhadap Remaja Mesjid se-Kota Payakumbuh dengan cara mengadakan Wirid Gabungan sebanyak 4 Kali, mengaktifkan remaja mesjid untuk ikut serta berperan aktif mendukung program Pemerintah Kota seperti Magrib Mengaji dan Subuh Berjamaah serta akan di tunjuk mesjid yang bersedia menjadi tempat pelaksanaannya dan mesjid yang bersedia tersebut akan di bantu untuk biaya Snack," ucapnya.

Kedepannya, Ul Fakhri selaku Kabag Kesra Kota Payakumbuh mengharapkan agar Remaja Mesjid dapat di perhatikan, "kita mau nanti remaja mesjid tidak hanya sifatnya sekali sekali namun berkelanjutan guna mewarnai dan memakmurkan mesjid, jadi kita berharap ke Pak Lurah mulai dari pengurus mesjid mulai dari hari ini memperhatikan Remaja Mesjid, bagaimana program kerja mereka, keaktifan mereka sehari-hari, keterlibatan mereka di beri kepercayaan untuk andil memakmurkan mesjid, kemudian anggaran yg ada bapak-bapak lurah dapat di alokasikan dana untuk menunjang program yang di gagas mereka," harapnya

Kabag kesra Ul Fakhri berpesan kepada Remaja Mesjid untuk dapat beraktivitas dan meramaikan mesjid dan memulai pergaulan dari mesjid.
" Berkaktivitaslah di mesjid, ramaikan mesjid karna tidak harus menunggu tua untuk aktif di mesjid. Tanpa sadar  dengan sendirinya mesjid akan menyelamatkan masa depan ketika kita salah dalam mencari pergaulan mungkin pergaulan di tempat yang tidak semestinya tentu akan menghancurkan masa depan kita. Sebaliknya jika pergaulan dimulai di mesjid mudah mudahan akan positif jika di mulai dengan pergaulan positif," pungkasnya.(humas)
Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Dengan Pengurus Remaja Masjid Reviewed by salingka luak on Juli 29, 2019 Rating: 5
All Rights Reserved by SalingkaLuak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.