Translate

Mahasiswa UGM Kuliah Kerja Nyata Di Limapuluh Kota

- Juni 26, 2018

Limapuluh Kota,

Sebanyak 29 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Nagari Tarantang dan Nagari Harau Kecamatan Harau. Para calon intelektual itu akan mengabdi di dua nagari lokasi objek wisata Lembah Harau itu selama 50 hari.

Rombongan mahasiswa dari berbagai klaster itu diterima langsung Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi di kantor Camat Harau di damingi sejumlah kepala OPD, Senin (25/6).

Bupati Irfendi mengaku sangat gembira dan menyambut baik kehadiran mahasiswa tersebut. Ia berharap, para mahasiswa itu dapat berkontribusi dan memberikan masukan-masukan buat peningkatan perekonomian masyarakat serta pengembangan pariwisata Kabupaten Limapuluh Kota, khususnya Lembah Harau. Ia berharap pelaksanaan KKN itu berjalan sukses dan lancar.

“Kita yakin para mahasiswa KKN dari UGM ini akan memberikan kontribusi nyata bagi Nagari Tarantang dan Harau, terutama sektor pariwisata. Kita berharap, kehadiran mahasiswa itu menjadikan promosi pariwisata unggulan Limapuluh Kota ini semakin gencar,” tutur Bupati Irfendi.

Lebih jauh Irfendi berharap, mahasiswa perguruan tinggi favorit itu dapat memahami semua potensi dan permasalahan yang ada di tengah masyarakat termasuk persoalan ekonomi dan sosial, untuk berikutnya menawarkan alternatif solusi terbaiknya.

“Kita juga berharap kegiatan mahasiswa ini juga akan membuat perubahan pola pikir serta perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik lagi,” ucap Irfendi.

Terpisah Koordinator Mahasiswa Unit (Kornit) KKN PPM UGM di Tarantang Afifah didampingi salah seorang mahasiswa Akhila mengaku sangat tersanjung dengan sambutan Bupati Limapuluh Kota. Apalagi dengan adanya pernyataan bupati untuk menjamin kerjasama Pemkab Limapuluh Kota untuk suksesnya pelaksanaan KKN mahasiswa UGM ini.

“Kami betul-betul terkesan dengan sambutan Bupati Irfendi Arbi. Kami tidak menyangka akan disambut langsung bupati,” ujar Afifah yang didampingi Kepala Jorong Tarantang Petri Melki dan Ketua Bamus Nagari Tarantang Yanuar Khatib.

Lebih lanjut dikatakan, dalam kegiatan KKN ini rombongan mahasiswa itu akan melaksanakan sejumlah kegiatan promosi pariwisata Lembah Harau. Bentuk kegiatannya antara lain membuat website Nagari Tarantang dan Harau, serta membuat video keindahan Lembah Harau dengan mengggunakan drone.

“Salahsatu rencana kami adalah membuat website nagari serta video tentang keindahan alam Lembah Harau untuk mempromosikan objek wisata unggulan Limapuluh Kota ini ke dunia. Kami mendukung Harau Mendunia yang menjadi slogan Lembah Harau,” tutur Afifah.


Sebelumnya pada akhir tahun 2017 silam, Bupati Irfendi Arbi pernah mendapatkan mendapatkan penghargaan berupa predikat terbaik kedua di Pulau Sumatera dalam hal indeks transparansi pengelolaan keuangan daerah dari
 Universitas Gajah Mada (UGM) Yokyakarta yang diserahkan Rektor UGM Yogyakarta, Prof Ir Panut Mulyono. Hal ini diperkirakan menjadi salahsatu pertimbangan UGM menempatkan mahasiswanya berKKN di Kabupaten Limapuluh Kota.(*/relis)
Advertisement
loading...
 

Start typing and press Enter to search