Search

Pemuda Ansor Padang Pariaman Ziarahi 6 Makam Ulama

Padang Pariaman,-Menyambut bulan Ramadhan 1439 H, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padang Pariaman melakukan ziarah ke makam enam ulama yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. Makam ulama yang diziarahi merupakan ulama yang sudah menyebarkan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) semasa hidupnya.

Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padang Pariaman Zeki Aliwardana di sela-sela ziarah, Minggu (13/5) menyebutkan ziarah dimulai dari makam Syekh Burhanuddin. Kemudian ziarah dilanjutkan ke makam Nasruddin Tuanku Sinaro di Kampung Paneh, Pakandangan, Buya Syekh Ali Imran  di Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan, Buya Zubir Tuanku Kuning Pakandangan, Syekh Ungku Marajo di Surau Cubadak Sungai Asam dan Inyiak Syekh Ismail Kiambang.

Menurut Zeki Aliwardana, sebelum ziarah ke makam Syekh Burhanuddin di Ulakan, Ansor melakukan Thaharah di Masjid Agung Syekh Burhanuddin. Thaharah yang dilaksanakan Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, dihadiri Kakankemenag Padang Pariaman Dr. Helmi dan Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur.

“Ziarah Ansor ini bertemakan, jaga tradisi jalin silaturrahmi. Ansor sebagai organisasi kepemudaan Islam yang berpahamkan Aswaja hadir untuk terus menjaga warisan ulama. Salah satu warisan dari ulama tersebut adalah melakukan tradisi ziarah ke makam ulama/syekh yang sudah mensyiarkan Islam di masa hidupnya,” kata Zeki yang didampingi Sekretarisnya Alva Anwar.

Dikatakan Zeki, ulama sebagai mata rantai dari penyebar paham  Aswaja, harus dimuliakan. Ulama yang masih hidup, kita datangi dengan bersilaturrahmi. Sedangkan ulama yang sudah meninggal dunia, maka makamnya kita ziarahi.

Zeki mengakui, pada momen ziarah kali ini baru makam enam ulama yang bisa diziarahi. Masih banyak ulama di Padang Pariaman yang belum diziarahi. Mudah-mudahan di masa berikutnya, Ansor akan menziarahi ulama lainnya.

“Secara bertahap, Ansor berencana mengunjungi makam ulama Aswaja yang tersebar di berbagai nagari di Padang Pariaman. Hal itu sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa para ulama tersebut,” kata Zeki Aliwardana yang juga mantan Sekretaris Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Pariaman.

Dibagian lain, Zeki Aliwardana menghimbau generasi muda Padang Pariaman untuk tetap menjaga silaturrahmi dengan para ulama. Memasuki bulan suci Ramadhan, mari kita sambut dengan saling memaafkan satu sama lain. “Mari bersihkan hati, jiwa dan hubungan silaturrahmi dalam kehidupan sehari-hari,” ajak Zeki Alizar dana. (bb)