Salingka News

random

Sekilas Riwayat Sebutan Kawa Terhadap Buah Kopi

Salingka Luak,- Dunia kuliner saat ini dihangatkan dengan beragam seduhan kopi. Warung warung kopi yang trend dengan sebutan cafe atau coffee shop bak jamur musim hujan tumbuh di sepanjang jalan yang padat penduduk. Minuman yang dibuat dari serbuknya buah kopi ini sebetulnya sudah lama jadi bahan minuman di dunia.

Kopi yang saat ini sedang hangat hangatnya didunia bisnis kuliner ternyata sudah dikenal semenjak 1000 tahun Sebelum masehi. Suku Galla di Afrika timur sudah mengenal kopi pada masa itu. Pada abad ke 5 Masehi kopi sudah masuk di pelosok pelosok Ethiopia.

Pada 700 – 1000 M Bangsa Arab meminum kopi untuk penambah energi dalam menjalankan usaha dagang. Sehingga penyebaran kopi dimuali disaat itu seiring dengan penyebaran Agama Islam di dunia. Sumber kopi pertama di Mocha Daerah Yaman.

Pada 1000 M Ibnu Sina tokoh kesehatan Islam pernah menyelidiki kandungan kimiawi yang ada pada kopi dan pengaruhnya untuk kesehatan. Dikisaran tahun 1400 M kopi berkembang pesat di jazirah Arab. Di Makkah dan Madinah banyak di jumpai kedai kedai kopi.Dijazirah Arab ini kopi disebut Kahwa. 

Pada tahun 1600 M kopi mulai ada di India. Kopi dibawa oleh baba budan yang pulang haji dari Makkah dan dikembangkannya di jazirah India. Kopi Masuk kenegri Belanda sekitar tahun 1616 dengan asal dari Mocha Yaman.

Sekilas akan sebutan Kahwa ini, Di tanah melayu kopi juga lebih akrab dengan sebutan kawa. Minum kopi disebut dengan minum kawa. Sampai ada kawa daun, minuman yang berasal dari daun kopi yang dikeringkan dan di seduh laksana minum teh. Ada juga daun kopi yang sudah kering tersebut direbus lansung.

Besar kemungkinan perkembangan dunia kopi di tanah melayu khususnya Minangkabau tidak lepas dari pengaruh Islam dan hubungan dagang dengan Timur tengah. Hal ini dibuktikan dengan lebih dikenalnya kawa untuk sebutan buah kopi ini. Sampai saat ini sebutan minum kawa masih banyak dijumpai di pelosok pelosok Minangkabau terutama di Luak Limopuluah.

Sekilas Riwayat Sebutan Kawa Terhadap Buah Kopi Reviewed by salingka luak on April 05, 2018 Rating: 5
All Rights Reserved by Salingka Luak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.