Salingka News

random

Kenang Charil Anwar KS Intro Gelar Seni Pertunjukan dan Peluncuran Buku


Payakumbuh--Komunitas Seni Intro Kota Payakumbuh bakal mengenang hari wafatnya sastrawan Indonesia, Chairil Anwar. Chairil merupakan sastrawan yang berkampung halaman di nagari Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Meski dalam catatan riwayatnya, Chairil Anwar kelahiran Medan, namun keluarga berasal ari Taeh Baruah, kecamatan payakumbuh.

Acara Kenang Chairil dilaksanakan pada tanggal 28 April 2018, bertepatan dengan 69 tahun wafatnya Penyair yang tenar dengan puisi berjudul Sia-sia, yang melahirkan potongan sajak“mampus kau dikoyak-koyak  sepi”.

Ketua Panitia Pelaksana YM Dallu Awartha, bersama pimpinan komunitas Seni Intro Iyut Fitra mengatakan bahwa  kegiatan Kenang Chairil ini merupakan kegiatan yang dipersembahkan bagi masyarakat luas untuk memperkenalkan siswa dan masyarakat umum  terhadap Chairil dan karya-karyanya, seta  menikam jejaki riwayat hidup sastrawan angkatan 45 tersebut.

“Kegiatan ini sepenuhnya kegiatan Kenang Chairil yang diisi dengan Siswa Kenal Chairil, Diskusi Chairil, Peluncuran buku Penyair Tanah Chairil, Panggung Chairil dan Kemah Chairil. Ini semua untuk mengakrabkan sastra dengan siswa, guru, masyarakat, dan seluruh stakeholder yang ada baik di Kabupaten Limapuluh Kota maupun Kota Payakumbuh,” kata YM Dallu Awartha.

Iyut Fitra turut menjelaskan bahwa beberapa kegiatan yang akan digelar adalah Siswa Kenal Chairil, dimana penyair dan sastrawan yang terlibat akan menyampaikan kepada siswa sekolah untuk memperkenalkan karya-karya Chairil Anwar. Dalam rancangan, kegiatan ini akan menghadirkan Irmansyah  dari Jakarta (Penyair, Poetry Perfomance) Thendra BP (Penyair). Sedangkan diskusi Diskusi Chairil akan menghadirkan narasumber Esha tegar Putra (Penyair, Peneliti Sastra) dari Padang bersama Deddy Arsya (Sejarawan) Dosen IAIN Bukittinggi.

Selain diskusi, kegiatan Kenang  Chairil juga ada diisi dengan Peluncuran Buku  dari 2 orang penulis Sumatera Barat. Iyut Fitra akan meluncurkan buku puisi terbarunya berjudul ‘Mencari jalan Mendaki’, dan Ilham Yusardi meluncurkan buku buku puisi perdananya yang berjudul ‘Senjaraya’. Nama terkahir, Ilham Yusardi, saat ini masih menjabat sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Limapuluh  Kota.


“Peluncuran buku ini bagian dari kegiatan Kenang Chairil. Ini menegaskan bahwa setelah Chairil akan ada terus penyair-penyair yang tumbuh di Luak Limapuluh ini,” ujar Iyut Fitra yang amini oleh Ilham Yusardi.

Puncaknya nanti, malam hari, akan ada Panggung Chairil dengan penampilan Seni yang mengangkat karya-karya Chairil Anwar seperti musikalisasi puisi, dramatisasi puisi, pembacaan puisi oleh siswa dan sastrawan serta kesenian lainnya,” ujar Iyut Fitra. (relis)


UNDANGAN.

Bpk/Ibu/Sdr yang kami hormati.
Salam puisi...
Dengan ini kami undang Bpk/Ibu/Sdr utk dapat hadir pada acara "KENANG CHAIRIL", sebuah kegiatan memperingati wafatnya penyair indonesia Chairil Anwar. Kegiatan tersebut akan kami laksanakan pada:
Hari/Tgl : Sabtu, 28 April 2018
Waktu : Pkl 09.00 -23.00 wib
Tempat : Komunitas Seni Intro
Payakumbuh
Acara : - Siswa Kenal Chairil
09.00 - 11.00 wib
Pembicara:
1. Irmansyah (Jakarta)
2. Thendra BP (Sumbar)
moderator: nasrul azwar
- Diskusi Chairil
13.30 - 15.30 wib
Pembicara:
1. Esha Tegar Putra (Sumbar)
2. Deddi Arsya (Sumbar)
moderator: pandu birowo
Peluncuran Buku Puisi
16.30 - 17.30
"mencari jalan mendaki" karya Iyut Fitra dan "Senjaraya" karya Ilham Yusardi
pemandu: della nasution
- Panggung Chairil
20.00 - 23.00
1. Tari Minanga Center
2. Dramatisasi Puisi Intro
3. Panggung puisi
- ranji rajo salingka
- hasnah nurul ilmi
- hermawan an
- yusril katil & avangarde dewa gugat
- arco transept
- okta piliang & dellorie ahada
- sulaiman juned
- refdinal muzan
- wendy hs & jumaidil dewa bujadul
- kunni masrohanti
- irmansyah
- dll
Demikianlah undangan ini, dan kami berharap Bpk/Ibu/Sdr dapat memenuhi undangan kami untuk lancarnya kegiatan ini. untuk registrasi silahkan hubungi iyut fitra di 082268734402.
Untuk undangan kami yang berasal dari luar Kota Payakumbuh, kami menyediakan akomodasi dalam bentuk "KEMAH CHAIRIL".
Wassalam
Komunitas Seni Intro Payakumbuh
#kenangchairil
Kenang Charil Anwar KS Intro Gelar Seni Pertunjukan dan Peluncuran Buku Reviewed by salingka luak on April 25, 2018 Rating: 5
All Rights Reserved by Salingka Luak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.