Search

BKB NURUL FIKRI: Memajukan Pendidikan Islam di Tanah Air

LEBIH DEKAT DENGAN BKB NURUL FIKRI
Dimulai dengan niat dan itikad baik demi kemajuan pelajar muslim di tanah air, beberapa orang mahasiswa Universitas Indonesia memberikan privat untuk siswa-siswi di Jakarta. Disamping membantu pelajar Jakarta sekaligus pendapatan tambahan untuk membiayai kuliah.

Mereka juga sangat aktif dalam kegiatan dakwah Islam di Masjid Kampus UI “Arif Rahman Hakim”. Berbekal pengalaman menjalankan privat selama dua tahun, mereka merapikan manajemen pengelolan bimbingan belajar secara lebih baik dan professional.

Maka pada tahun 1985, berdirilah sebuah lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar (BKB) NURUL FIKRI di Jakarta dengan visi nya Memajukan Pendidikan Islam di Tanah Air “Kita maju bersama Allah menuju masa depan Cemerlang”
Adapun BKB NURUL FIKRI Cabang Payakumbuh didirikan secara resmi tanggal 1 Desember 2013.

TIGA PRINSIP UTAMA BKB NURUL FIKRI

BKB NURUL FIKRI memegang Tiga Prinsip dalam setiap pengembangan Lembaganya :
Pertama, Prinsip Fikrah Islamiyah. Bahwa setiap guru memiliki kewajiban dalam menanamkan nilai-nilai Islam kepada siswanya.
Kedua, Prinsip Mengamalkan Ilmu yang Bermanfaat. Bahwa mengamalkan ilmu dan senantiasa meningkatkan kemampuannya merupakan ibadah bagi umat islam.
Ketiga, Prinsip Mencari Nafkah yang Halal. Disamping kita beramal sekaligus mencari penghidupan yang lebih baik dan halal bagi guru Nurul Fikri.

LEMBAGA RISET BKB NURUL FIKRI

Cendikiawan Muda dengan komitmen keIslaman yang tinggi ternyata sangat disukai oleh pelajar Jakarta sejak awalnya sampai saat ini, Insya Allah. Apalagi dengan kekuatan struktur dan sistem lembaga yang mereka miliki, BKB NURUL FIKRI menjadi satu-satunya bimbingan belajar yang Islami terbesar di Jakarta. Bahkan untuk saat ini telah memiliki cabang di 30 kota besar di Indonesia lebih dari 60 cabang dengan lebih dari 150 outlet.

Lembaga Riset dan Pengembangan yang dimiliki BKB NURUL FIKRI, merupakan kumpulan para cendikiawan muslim terbaik dari berbagai disiplin ilmu dan lulusan perguruan tinggi terkenal di Indonesia dan luar negeri. Mereka terdiri dari para sarjana S1, S2 dan S3.

Lembaga Riset BKB Nurul Fikri senantiasa melakukan penyempurnaan dalam upaya untuk memudahkan dan memantapkan siswa menyerap dan memahami konsep dasar materi pelajaran.

Disamping itu lembaga ini senantiasa melakukan peningkatan kualitas dan menjaga standar mutu yang sama para guru BKB Nurul Fikri di seluruh cabangnya di Indonesia, sekaligus pembinaan akhlak mereka. Maka Lembaga Riset BKB Nurul Fikri melaksanakan Program Up-Grading minimal 3 kali dalam satu tahun.

PUSKOM BKB NURUL FIKRI

Lembaga BKB Nurul Fikri melakukan pengolahan data siswa-siswinya di seluruh cabang di Indonesia secara sentralistik di Jakarta. Mekanisme ini adalah untuk memantau perkembangan kemajuan siswa-siswi BKB NF di seluruh tanah air.

Keutamaan PUSKOM BKB Nurul Fikri
Manifestasi Pola Ujian Nasional (UN). Dimana untuk menentukan kelulusan siswa-siswi sekolah Dasar dan Menengah di tanah air kita ada mata pelajaran yang diolah langsung oleh PUSAT (Jakarta). Seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Ekonomi. Sehingga siswasiswi yang bimbel di BKB Nurul Fikri di seluruh cabangnya mengetahui kemampuan mereka terhadap bidang studi yang di UN kan, terutama yang duduk di kelas 6 SD, 9 SMP dan 12 SMA.

SISTEM YANG KUAT DAN TANGGUH

Penguasaan Konsep Dasar Pelajaran. Mempersiapkan siswa agar bisa dengan mudah dan cepat untuk memahami teori dasar dari soal yang diberikan serta mampu untuk menyelesaikan pembahasannya dengan benar.

Tentor / Instruktur yang Handal dan Menyenangkan. Mereka dipilih melalui seleksi yang rapi dengan syarat minimal berlatar belakang alumni dari PTN. Setiap tahun mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan intelektualnya melalui program Up-grading yang dijadwalkan sampai 3 kali setiap tahunnya di Lembaga BKB Nurul Fikri Pusat ( Jakarta ).

Modul / Buku Panduan Belajar Siswa. Terdiri dari ringkasan konsep dasar materi pelajaran serta diperkaya dengan contoh soal dan latihan yang sangat variatif. Bahagian ini dipersiapkan secara khusus oleh bidang Pengembangan Soal dan Modul di BKB Nurul Fikri Pusat. Kisi-kisi dan prediksi soal setiap tahun selalu di perbaharui. Soal-soal latihan yang sangat menantang bagi mereka sehingga tidak membosankan.

Pengolahan hasil evaluasi belajar siswa dilakukan dengan komputerisasi & sentralisasi, sehingga para siswa bisa mengukur kemampuan dirinya secara nasional.
Bimbingan akhlak. Karena kesibukan orang tua menyebabkan waktu untuk bertemu dengan anak juga berkurang. Menambah bimbel melalui lembaga BKB Nurul Fikri sekaligus orang tua telah menitipkan anak mereka untuk mendapatkan pembinaan akhlak yang mulia dan terpuji yang justru menjadi cita-cita setiap orang tua. Selain pembinaan akhlak, siswa juga diberikan bekal untuk bisa mengembangkan strategi belajar yang sesuai dengan gaya dan kecendrungan mereka masing-masing.

Ruangan belajar dengan standar yang sama disetiap lokasi ; ( bersih, bernuansa Islami ). Tidak diperkenankan merokok disekitar lokasi belajar Nurul Fikri. Tersedia tempat konsultasi belajar yang nyaman dan menyenangkan, bebas diluar jadwal rutin.

Life Skill Education. Bagaimana cara membaca cepat, melatih daya ingat, mengenal gaya belajar, adalah bagian yang kami berikan untuk menunjang prestasi siswa-siswi bimbel di BKB Nurul Fikri.

LAYANAN NF PEDULI PENDIDIKAN

BEASISWA SETIAP TAHUN. 100 orang TERBAIK NASIONAL siswa peserta bimbel Nurul Fikri mendapatkan Beasiswa tiap semester dari Nurul Fikri Pusat. Mereka dipilih berdasarkan hasil tes evaluasi berkala yang dilaksanakan serentak di seluruh cabang Nurul Fikri di Indonesia.Tersedia dana lebih dari Rp.100.000.000 untuk program NF Peduli Pendidikan.

BEASISWA KULIAH. Siswa peserta Bimbel Nurul Fikri yang LULUS SNMPTN dari cabang manapun berhak mendapatkan Beasiswa ini terutama mereka yang kuliah di PTN sekitar daerah JABODETABEK.

PINJAMAN BUKU KULIAH GRATIS. Siswa alumni bimbel NF bisa meminjam buku-buku perkuliahan terutama yang berada sekitar daerah JABODETABEK.

QUICK COUNT NILAI NASIONAL SNMPTN. Perhitungan Cepat Nilai Nasional hasil ujian SNMPTN bisa diketahui 1 hari setelah ujian. Serta prediksi kelulusan lebih awal. Ini sangat membantu siswa untuk merencanakan memilih Perguruan Tinggi yang lain, setelah Ujian SNMPTN.

BEASISWA BIMBEL GRATIS 30 orang siswa tidak mampu yang memiliki prestasi bagus di sekolah dan Lulus Seleksi di NF Padang untuk program Reguler dan Super Intensif SBMPTN. Tersedia dana lebih dari Rp.150.000.000 untuk program NF Peduli Pendidikan. Alhamdulillah, kami ingin menutup perkenalan kita ini dengan kutipan yang Insya Allah bermanfaat untuk kita semua.

“Berprestasi adalah perilaku ihsan, sesungguhnya Allah telah mewajibkan kita untuk berlaku ihsan dalam segala hal” (Hadist Rasulullah SAW).

“Kepuasan akan dirasakan saat kita mampu membuat orang yang kita sayangi tersenyum bahagia. Jarang kesempatan itu bisa terwujud. Salah satu jalan untuk mewujudkannya adalah dengan berprestasi”. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nurul Fikri Payakumbuh Jl. Jend Sudirman no 08 Payakumbuh Sumatera Barat
nomor kontak ( +62 812-6100-8881 )