Search

Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Suatu Badan Usaha Nagari Atau Desa

Sijunjung—Laporan Keuangan merupakan salah satu komponen yang sangat dibutuhkan guna tercapainya akuntanbilitas di Badan Usaha Milik Desa atau Badan Usaha Milik Nagari. Laporan keuangan Badan Usaha Milik Nagari dapat digunakan sebagai gambaran bagaimana keadaan keuangan Badan Usaha Milik Desa dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, apakah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. Dalam Permendesa No. 4 Pasal 31 pun dijelaskan bahwa Badan Usaha Milik Desa wajib untuk melaporkan pertanggungjawaban dalam melaksanakan kegiatan operasional Bumdes.

Ihwal ini ketua atau manager Bumnag Fadhlur Rahman Ahsas menjelaskan, bahwa Bumnag Baitul Mal salah satu Bumnag yang sangat patuh terhadap pentingnya pelaporan keuangan. Dikarenakan Bumnag Baitul Mal Nagari Bukit Bual merupakan salah satu Bumnag yang baru sacara merintis dan jebolan Institute Manajemen Bumdes Nusantara (IMBN) angkatan 1. “Dengan semangat membangun, bukan hanya organisasinya tapi semnagat membangun sampai kepada kepercayaan masyarakat dan pemerintah.

Oleh karenanya untuk menjaga transparansi dan kepercayaan masyarakat publik, Maka Manajemen Bumnag Baitul Mal bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk Forum Bumdes Indonesia, BNI dan Bumdes.Id untuk menggunakan Aplikasi yang dikembangkan oleh Bumdes.id yaitu Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes” Katanya Fadhlur menambahkan, salah satu tolak ukur kesuksesan Bumnag bukan melihat seberapa besar yang Bumnag miliki namun sebara hebat Bumnag bertanggungjawab dalam memegang amanah masyarakat dan pemerintah.

 Salah satu upaya itu, ia melatih melalui laporan keuangan yang akun tabel. Dengan gita kerjasama dari semua komponen itu. “Insyallah kami akan segerakan bangun kerjasama dengan pihak propesional dalam memanajemen tentang keuangan Bumdes atau Bumnag. Dalam waktu dekat pertama bekerjasama dengan FBI, BNI dan Bumdes.Id. Apalagi Bumdes.(Nofri https://suaranagarinews.com)