Salingka News

random

H.Zul Elvi Astar Dt Asa Batuah, Daerah Kuat Negara Hebat

H.Zul elvi Astar Dt Asa Batuah, adalah salah satu dari sedikit birokrat daerah yang berhasil mencapai jabatan tertinggi di tingkat nasional. Ia membuktikan bahwa kualitas dan kemampuan orang daerah tidak kalah dengan yang berada di pusat. Hanya masalah kesempatan dan keberanian dalam merebut kesempatan tersebut.

30 tahun berkarir sebagai aparatur negara (PNS) Zul Elvi Astar Dt Asa Batuah menutup pengabdian dengan golongan kepangkatan IV/e dengan jabatan sebagai Wakil Sekretariat Jendral Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Zul Elvi Astar lahir dari pasangan H.Syofyan Jamil dan Sawiyah( keduanya sudah Almarhum)  pada 27 Juli 1956 sebagai anak ke 7 dari 9 bersaudara. Alm H.Syofyan Jamil merupakan Putra Simalanggang kecamatan Payakumbuh kabupaten Limapuluh Kota yang juga seorang birokrat di kantor Gubernur Sumbar. Sementara Almh Jawiyah ibu Zul Elvi Astar berasal dari jorong Limo Kampuang (Toluak) Nagari Kamang ilia Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam.


Dari kecil hingga remajanya Zul Elvi Astar berada di Kota Padang. Dari pendidikan dasar di SD Negeri 59 Padang pasir yang sekarang SD Negeri 05 tamat  tahun 1969, SMP N 1 Padang Tamat 1972, SMA Pembangunan IKIP Padang tamat 1975 Serta kuliah di Fakultas Hukum Unand jurusan tata Negara,meraih gelar Sarjana Hukum pada tahun 1985.


Semasa kuliah, Zul elvi Astar aktif di kegiatan kemahasiswaan dan kepemudaan baik itu didalam maupun di luar kampus. Pernah penjabat Ikatan Mahasiswa Padang (IMAPA) periode 1984 sampai 1986.


Riwayat Pekerjaan dan Jabatan Zul Elvi Astar

1.   PNS Pemprov Sumbar 1 maret 1986

2.   Kasi Evaluasi Bid Pengkajian BP& Pemprov Sumbar 1989

3.   Kasi Pengawasan Keuangan Dan Personil Dispenda Sumbar 1990

4.   Ka.Cabang Dispenda Payakumbuh 1992

5.   Ka.Cabang Dispenda Sumbar di Lubuak Sikapiang Pasaman 1994

6.   Kadis Pariwisata Kabupaten Solok 1996

7.   Kepala Tata Usaha Dispenda Sumbar 2000

8.   Pj Wakil Kepala Dispenda Sumbar 2004

9.   Sekretaris Pengawas Pilkada Sumbar 2005

10. Wakil Kepala Dinas Perhubungan Sumbar 2005

11. Kepala Disnaker dan transmigrasi Sumbar 2006

12. Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan daerah Sumbar 2008

13. Staf Ahli Gubernur Sumbar Bidang Ekonomi Dan Keuangan 2012

14. Kepala pusat data dan Informasi Sekretariat Jendral DPD RI 2012

15. Wasekjend DPD RI 2014

Penghargaan yang pernah diterima  Zul Elvi Astar Dt Asa Batuah

Satyalencana Karya Satya X tahun dari presiden RI Megawati Soekarnoputri pada 5 Agustus 2014

Satyalencana Karya Satya XX Tahun dari presiden RI Susilo Bambang Yudoyono pada 28 November 2007

Satyalencana Karya Satya XXX Tahun dari Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2016

Sebagai birokrat profesional Zul Elvi Astar mengaku sudah menuntaskan pengabdiannya sebagai warga negara dan masyarakat daerah maupun nasional. Ia merasa saat inilah memulai pengabdian baru bagi kemajuan daerah dan masyarakat serta menghasilkan kebaikan bagi bangsa dan negara dimasa depan.

Berbekal pengalaman dan pengetahuan sebagai birokrat selama 30 tahun berkarier di daerah dan terakhir sebagai pimpinan birokrasi di lembaga negara DPD RI, Ia merasa masih punya energi dan kemampuan yang cukup untuk mengabdi sebagai Wakil Daerah dipusat (DPD RI)

Dengan niat untuk menyumbangkan semua potensi yang dimiliki serta memberikan yang terbaik bagi daerah masyarakat dan bangsa Zul Elvi Astar Dt Asa Batuah melangkah mengajukan diri sebagai calon Anggota Dewan Perwakilan daerah (DPD RI) pada Pemilu 2019 nanti.

Dengan Visi "Daerah Kuat-Negara Hebat" kepemimpinan yang baik dan kompeten didaerah dan kepemimpinan di tingkat Nasional,perlu dijembatani oleh Legislator dan Senator yang mumpuni, yang mampu menjembatani dan mengkomunikasikan aspirasi daerah ke tingkat Nasional.

Dengan pengalaman hidup baik di tingkat daerah maupun Nasional yang dimiliki Zul Elvi Astar Dt Asa batuah Optimis bisa menjalankan tugas dengan baik jika nanti didukung oleh masyarakat Sumatera Barat.(*)





H.Zul Elvi Astar Dt Asa Batuah, Daerah Kuat Negara Hebat Reviewed by salingka luak on Maret 05, 2018 Rating: 5
All Rights Reserved by Salingka Luak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.