Salingka News

random

Sempat Terputus Akibat Bencana Banjir,Air Bersih Kembali Mengalir Kepemukiman Warga

perbaikan jalur pipa pamsimas yang terdampak bencana
Limapuluh Kota,Usai di hantam bencana banjir bandang,Sumber air bersih warga di Balai Panjang lareh Sago Halaban tidak bisa mengalir. Sebanyak 172 KK dengan 756 jiwa di jorong Tampuang Kodok kehilangan pasokan air bersih.

Menindak lanjuti akan pentingnya air bersih bagi warga sekitar,tim reaksi cepat BPBD Limapuluh Kota bersama warga dan instansi terkait lakukan perbaikan bak penampungan dan saluran air yang rusak di hantam air bah.

Tidak memakan waktu lama air kembali bisa mengalir kerumah warga. Dan saat ini warga sudah bisa menikmati air bersih yang awalnya di gerakan oleh PAMSIMAS tersebut.“Untuk itu, kami warga kenagarian Balai Panjang dan sekitarnya, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pemerintah daerah, TNI/Polri, dinas terkait, Tagana, Kelompok Siaga Bencana (KSB), camat, Wali Nagari dan seluruh lapisan masyarakat, “ujar Wali Jorong Tampuang Kodok Salmi (49) kepada sejumlah wartawan di lokasi, Selasa (29/8).

Nada yang sama juga disampaikan Hamidi (42), salah seorang anggota Pamsimas setempat, menurutnya, sejak Jumat-hingga Selasa kemaren, dia bersama masyarakat dan tim lainnya, bekerja keras untuk mengaliri air ke rumah penduduk membuahkan hasil maksimal.
“Buah kesusksesan bersama yang ciptakan warga setempat itu, air telah menggalir pada pukul 16.00 Wib. Hal ini sudah kami sampaikan Badan Peningkatan Penyelengaaran Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), “ujarnya.
Sementara itu, Camat Lareh Sago Halaban, Efli Zen, usai rapat evaluasi dengan BPBD dipimpin langsung Plt Kalaksa (Kepala Pelaksana) Hendri Yoni, mengatakan, keberhasilan reaksi cepat BPBD melaksanakan normalisasi saluran air ke rumah penduduk itu, tidak saja di jorong Tampung Kodok, akan tetapi juga di jorong Tareh, hanya saja karena saat ini sumber airnya kecil.


Terhadap pemasagan pipa besi lebih kurang 25 batang atau sepanjang lebih kurang 500 meter di jorong Tareh, kita upayakan hari ini bersama dinas PU dengan sistem gotong bersama masyarakat, KSB, Tagana, TNI/Polri. Keberhasilan menormalkan saluran air kerumah penduduk ini berkat kerjasama semua pihak.
“Untuk itu, kami atas nama BPBD mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat, dinas terkait, TNI/Polri, Camat bersama staf, Wali nagari, Jorong. Istimewa kepada “induak-induak yang menyiapkan seluruh makan dan minum, bahkan kami lihat para ibu-ibu juga ikut bekerja keras gotong royong, “ujar Hendri Yoni.
Sempat Terputus Akibat Bencana Banjir,Air Bersih Kembali Mengalir Kepemukiman Warga Reviewed by zal ambo on Agustus 30, 2017 Rating: 5
All Rights Reserved by Salingka Luak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.