Search

Riwayat lagu Indonesia Raya


Lagu Indonesia raya merupakan lagu kebangsaan negara ini. Lagu ini pertama kali di perkenalkan wr supratman di acara sumpah pemuda 28 oktober 1928.

Lagu ini dimainkan oleh wr supratman dengan biola kesayangannya di depan kongres pemuda masa itu.

Lagu indonesia raya tidaklah bernada mars seperti saat ini kita dengar tapi lebih mengarah kepada langgam keroncong.

Syair indonesia raya merdeka merdeka tidak lah ada dimasa itu di syair lagu ini. Tapi yang ada indonesia mulia mulia. Baru pada 17 agustus 1945 syair lagu indonesia raya di gubah seperti sekarang ini.

WR Supratman menciptakan syair lagu Indonesia Raya ini terinspirasi akan buku massa actie karya Tan Malaka.

Dimana di bab terakhir buku massa actie ini ada tulisan yang berjudul khayal Seorang Revolusioner. Kata kata di buku ini mirip dengan syair lagu Indonesia Raya.

Dimana sebelum kongres pemuda 1928 ini berlansung Mr Muhammad Yamin sudah membagi bagikan brosur atau buku Naar de Republiek Indonesie dan Massa actie yang disampul depannya ada nama Tan Malacca sebagai penulisnya.

Buku ini di ketik ulang dan di perbanyak menjadi rangkap 7 oleh Soegondo .
Sayang WR Supratman sang pencipta lagu yang menjadi lagu kebangsaan dan kembali di nyanyikan para pejuang bangsa ini di saat proklamasi 17 Agustua 1945 tidak lagi ada di dunia. WR Supratman sebelum masuk Jepang sudah menghadap sang pencipta. (Sumber Buku Ayahku Maroeto Nitimihardjo)