Search

Dikabarkan Siap Dampingi YB Dt Parmato Alam, Ini Kata Ahmad Ridha SH


Payakumbuh,Salingkaluak.com,- Siap maju di pilkada Kota Payakumbuh 2024, nama Ahmad Ridha SH santer dikabarkan akan berpasangan dengan YB Dt Parmato Alam. Politisi Partai Nasdem Kota Payakumbuh yang juga anggota DPRD Kota Payakumbuh Periode 2014-2019 & 2019-2024 ini siap tidak membantah informasi tersebut. 

Kepada awak media,Bakal Calon Wakil Walikota Payakumbuh, Ahmad Ridha SH mengaku selalu intens melakukan komunikasi dengan Bakal Calon Walikota Payakumbuh, YB. Dt. Permato Alam untuk berkoalisi dalam Pilkada serentak Nasional tahun 2024 yang akan digelar 27 November mendatang. 

Komunikasi yang dilakukan tidak saja terkait persiapan PILKADA, namun juga terkait Partai Politik (PARPOL) pendukung nantinya, sebab dalam PILKADA nanti Partai Golkar yang memiliki 4 kursi di DPRD Kota Payakumbuh hasil Pemilu Legislatif (PILEG) wajib berkoalisi dengan PARPOL lain untuk mendaftarkan BALON Walikota-Wakil Walikota ke KPU Kota Payakumbuh, sebab syarat minimal adalah 5 kursi di DPRD.

Hal itu diungkapkan Ahmad Rida disela-sela kegiatan Satu Nagari Satu Event Adat Salingka Nagari Kegiatan Maantoan Asam yang digelar di Kantor KAN Koto Nan Gadang Kelurahan Balai Tongah Koto (Balai Gadang) Kecamatan Payakumbuh Utara, Minggu pagi 23 Juni 2024. 

" Iya, untuk PILKADA Kota Payakumbuh kami intens melakukan komunikasi dengan  Datuak Permato Alam (Yb. Datuak Permato Alam) untuk sama-sama membangun Payakumbuh kedepannya. Komunikasi intens yang kita lakukan untuk menyamakan persepsi dalam memandang persoalan Payakumbuh dan mencari solusi kedepannya," ucapnya. 

Politisi Partai Nasdem itu juga menambahkan bahwa komunikasi intens yang dibangun bersama Politisi Golkar yang juga merupakan mantan Ketua DPRD Kota Payakumbuh itu terkait Partai Politik pendukung nantinya.

" Diluar formalitas sama-sama sebagai anggota DPRD Kota Payakumbuh kami berdua sebagai kader Partai yang berbeda secara emosional juga sangat dekat. Pembicaraan saya dengam Datuak Permato Alam sudah sangat jauh, sebab tak satupun Partai Politik di Payakumbuh yang bisa mengusung sendiri BALON Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh, kita juga komunikasi dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem dan beberapa Partai Politik lainnya, termasuk dengan Partai PBB." Tutup anak Nagari Koto Nan Gadang itu. 

Anggota DPRD Kota Payakumbuh dua periode itu juga menambahkan, selain dengan Yb. Dt. Permato Alam, ia juga intens berkomunikasi dengan Bakal Calon (BALON) Walikota Payakumbuh lainnya, yakni Almaisyar. 

Sementara itu YB. Dt. Permato Alam yang merupakan BALON Walikota tunggal dari Partai Golkar menyebutkan bahwa jauh-jauh hari mereka sudah menjalin komunikasi dan berkomitmen untuk berpasangan di pilkada kota Payakumbuh 2024 ini.

" Kami sebetulnya dari awal sudah punya komitmen ya, namun karena kita di Partai punya mekanisme tentu proses akhir yang akan menentukan dari Partai," ucap YB. Dt. Permato Alam.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Payakumbuh itu juga menambahkan meski nantinya proses akhir ditentukan oleh DPP Partai Politik masing-masing, namun hingga saat ini komunikasi intens masih terus dilakukan.

" Kita siap nantinya lahir batin jika memang perintah Partai dipasangkan/dicalonkan dengan Ahmad Rida. Sebab hingga saat ini komunikasi intens masih terus dilakukan, termasuk hari ini," tambahnya.

Lebih jauh YB. Dt. Permato Alam juga mengatakan bahwa menghadapi PILKADA nanti ia juga sudah melakukan komunikasi dengan lintas Partai. 

" Dengan konkrit kita melakukan komunikasi dengan lintas Partai melalui proses pendaftaran PILKADA, termasuk secara personal. Namun kita tetap ikuti mekanisme masing-masing Partai secara berjenjang." Tutupnya.

Sementara Ketua KAN Koto Gadang, Eldi Datuak Mangkuto Putiah mengaku siap mendukung siapapun Anak Nagari yang maju dalam PILKADA Kota Payakumbuh nantinya. 

" Kita sebagai orang yang dituakan di Nagari, tentu mendukung anak Nagari yang maju di PILKADA, sebab semuanya adalah anak kemenakan kita. Kita bersikap netral dan tidak berpihak pada siapapun," ucapnya. 

Namun menurut Datuak Mangkuto Putiah, jika nantinya telah ditetapkan satu (tunggal) anak Nagari yang maju dalam PILKADA Kota Payakumbuh nantinya tentu akan dibicarakan kembali secara bersama.

"Jika nantinya telah ditetapkan satu (tunggal) anak Nagari yang maju dalam PILKADA Kota Payakumbuh nantinya tentu akan dibicarakan kembali secara bersama." Tegasnya.