Search

Dinasnya Disurvey Akademisi, Wal Asri : Masukan Dari Masyarakat Kami Terima Dengan Senang Hati


Payakumbuh --- Untuk beberapa hari ke depan, beberapa orang mahasiswa yang ditugaskan untuk melakukan penilaian akan bergerak serentak menyusuri beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Pemerintahan Kota Payakumbuh.

"Sekitar 19 kantor yang akan kita lakukan penilaian langsung," ujar Aulia dan Nisa saat ditemui pasca menyelesaikan tugas hari ini di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kamis (18/4).

Kedua mahasiswi tersebut adalah utusan dari lembaga yang ditunjuk langsung melakukan penilaian, yakni dari LPPM Universitas Andalas Padang yang sebelumnya sudah mengirimkan surat kepada kantor yang memang telah menjadi sasaran penilaian.

Menurut Aulia, Survei ini adalah melihat angka kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diselenggarakan oleh dinas atau instansi tersebut, mulai dari penerimaan informasi, kecakapan petugas serta jarak waktu penyelesaian berkas dari penerimaan sampai selesai.

"Alhamdulillah, Disdukcapil sampai hari bagus secara tanggapan dari masyarakat yang mengakses layanan," ujarnya.

Diakui oleh mahasiswi itu mereka ditugaskan sebanyak empat orang yang secara bersamaan mendatangi lokus yang telah ditentukan, untuk jadwal tidak ditentukan, bisa paginya di sini (Dukcapil) ataupun bisa di Puskesmas dan dinas-dinas yang ada di bawah Pemerintahan Kota Payakumbuh.

"Untuk penilaian ini tidak bisa ditentukan targetnya, kami berharap kepada seluruh instansi yang menyediakan pelayanan langsung kemasyarakatan, bisa menjadikan evaluasi perbaikan apabila selama ini ada kekurangan," tandasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh Wal Asri, MM yang ditemui saat sedang berada di ruangannya bersama Kabid Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Kabid Piak menyatakan bahwasanya secara organisasi  selalu siap sewaktu waktu dilakukan penilaian, sebab menurutnya tim yang dinaunginya sudah bekerja sesuai dengan SOP pelayanan.

Wal Asri menjelaskan secara data yang diterima dari hasil penilaian tahun ke tahun telah terjadi peningkatan seperti tahun 2022 Survei kepuasan masyarakat (SKM) yang dikeluarkan oleh lembaga survei LPPM Unand 94, 028 dan Tahun 2023 bertambah menjadi 96, 25.

"Artinya bisa dilihat dari grafik terjadi peningkatan kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh Dinas yang kami pimpin. Namun terlepas semua itu kami menilai masih ada sekitar 3,75 persen lagi masyarakat yang belum puas atau kurang puas," ulas Wal Asri yang sebelumnya juga pernah menjabat di Disnakerperin ini.

Wal Asri juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan mengakses pelayanan di Disdukcapil nantinya apabila menemukan atau mendapatkan pelayanan yang tidak sesuai dengan harapan mohon berikan masukan kepada pihaknya agar dapat menjadi perbaikan, dan dengan senang hati untuk diterima dan dievaluasi lagi.

"Asalkan persyaratan lengkap dan jaringan server tidak bermasalah, Insyaallah seluruh layanan akan terselesaikan secara cepat paling lama satu hari  sesuai dengan SOP yang telah ada," pungkasnya mantap. (FS)