Search

154 Warga Disabilitas Di Limapuluh Kota Terima Bantuan Atensi

 

Lima Puluh Kota — Sebanyak 154 masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) menerima bantuan Atensi dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra Abiseka Pekanbaru, Minggu (21/04/2024).

Dalam sambutannya pada acara yang digelar di Pandopo Rumah Dinas Bupati kawasan Labuah Basilang, Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kemensos RI yang telah menyalurkan bantuan Atensi melalui Sentra Abiseka Pekanbaru.

“Alhamdulillah, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Sentra Abiseka Pekanbaru atas kepeduliannya terhadap masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota yang bertujuan untuk memberikan perhatian dan meringankan beban saudara kita, khususnya pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial,” sebut Bupati Safaruddin.

Menurut Bupati Safaruddin, kegiatan penyaluran bantuan sosial kepada yang membutuhkan merupakan kegiatan yang sangat penting, terutama sebagai upaya dari sisi peningkatan perekonomian masyarakat. Selain itu katanya, hal itu sejalan dengan visi dan misi pemerintah yang ia pimpin.

“Ini sejalan dengan visi dan misi masa kepemimpinan kami, yakni pembangunan sumber daya manusia,” ujarnya.

Bupati berharap, kegiatan penyerahan bantuan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan yang rutin dilaksanakan setiap tahun itu dapat membantu meringankan beban masyarakat Lima Puluh Kota.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menginspirasi lembaga, pihak swasta dan masyarakat sekitar agar turut peduli dan bertindak langsung untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan. Mari sama-sama kita memajukan dan mensejahterahkan masyarakat Lima Puluh Kota,” tuturnya.

Ia mengatakan, penyerahan bantuan senilai Rp.273.789.300,- kepada sebanyak 154 penerima yang tersebar di 8 kecamatan di Kabupaten Lima Puluh merupakan bentuk hadir dan kepedulian pemerintah kepada warganya.

Sementara itu, Kepala Sentra Abiseka Pekanbaru Ema Widiati mengatakan total bantuan yang diserahkan kali ini sebanyak Rp.273,7 juta untuk 154 PPKS yakni dukungan aksebilitas untuk 26 PPKS, paket kewirausahaan untuk 8 PPKS dan pemenuhan hidup layak 152 PPKS.

“Ada PPKS yang menerima bantuan lebih dari satu jenis bantuan. Bantuan yang kita serahkan ini tersebar di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota,” katanya.

Ia menambahkan bantuan yang diserahkan kali ini hanya berbentuk stimulan bagi PPKS sehingga nantinya diharapkan dapat tumbuh kemandirian oleh masyarakat.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan dimanfaatkan sebaik mungkin, oleh penerima” ujarnya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala BBPPKS Padang, Serimaka Boru Karo, Ketua LKKS Lima Puluh Kota, Nevi Safaruddin, Kapala Dinas Sosial Lima Puluh Kota Indra Suryani, Camat yang menjadi lokus bantuan, PPKS dan keluarga.

Sementara itu salah soerang PPKS, Firdaus mengungkapkan bahwa dirinya sangat terharu dengan bantuan yang disalurkan tersebut. Dikatakannya Ia akan menggunakan bantuan tersebut sebaik-baiknya.

“Saya sehari-hari bekerja sebagai jasa pijit di Jorong Kubang Tungkek, Nagari Guguak VIII Koto. Bantuan ini, InsyaAllah akan saya pergunakan untuk keperluan usaha pijit. Terima kasih Bapak Bupati Safaruddin atas bantuannya. Semoga dibalas oleh Allah SWT,” pungkasnya. (fs)