Search

Pasar Pabukoan Kembali Dibuka Pemko Payakumbuh, Ada Ratusan Opsi Kuliner Enak Lho!

Payakumbuh - Untuk terus mendukung pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), Pemerintah Kota Payakumbuh kembali menggelar pasar pabukoan ramadhan di Jalan Sutan Usman, pusat Kota Payakumbuh selama 1 bulan ramadhan.


Terdapat 167 gerai yang disiapkan dengan lebih dari 130 pedagang kuliner, baik itu makanan, maupun minuman. Banyak pilihan produk kuliner siap untuk dibawa pulang oleh masyarakat, mulai dari lauk atau kasamba babuko, hingga takjil dengan harga yang ringan di kantong.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman Dt. Bandaro Bendang yang membuka secara resmi Pasar Pabukoan Kota Payakumbuh pada Ramadhan 1445 Hijriyah tersebut mengatakan ini merupakan tradisi yang harus terus digelar karena memberikan banyak manfaat kepada masyarakat.


Pada kesempatan itu Jasman juga mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah di rumah. 


"Saya berharap permasalahan sampah yang di Kota Payakumbuh dapat terselesaikan. Saya juga meminta agar sampah dari pasar pabukoan ini dapat terselaikan langsung," ujarnya.


Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda telah meninjau pasar pabukoan dan tak lupa mengingatkan pedagang untuk tidak menggunakan Bahan berbahaya untuk Tambahan Pangan (BTP) bagi makanan-minuman yang dijual. Pedagang juga diingatkan tetap waspada dalam melakukan transaksi jual beli, sebab tak jarang keadaan yang ramai sering dimanfaatkan oleh orang tak bertanggungjawab untuk mengedarkan Uang Palsu (UPAL).


"Dengan tidak memasukkan bahan tambahan berbahaya, pedagang juga ikut mendukung upaya Pemerintah Daerah dalam menjaga masyarakat agar terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan bahan-bahan berbahaya," tutur Rida.


Sementara itu, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus yang hadir pada pembukaan secara resmi pasa pabukoan tersebut mengatakan pasar pabukoan ini merupakan upaya dari Pemko Payakumbuh untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk tetap produktif selama Ramadhan. 


"Pasar Pabukoan ini difasilitasi oleh Pemerintah Kota Payakumbuh untuk masyarakat. Semoga pasar Pabukoan ini dapat membantu pelaku UMKM dan memudahkan masyarakat mendapatkan pabukoan pada satu tempat yang lengkap, sehat dan terpantau kebersihannya," katanya. 


Di sisi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh M. Faisal mengatakan pasar pabukoan sudah menjadi ikon di Kota Payakumbuh dan menjadi agenda tahunan pemko setiap tahunnya.


"Alhamdulillah pada pasar pabukoan tahun ini bekerjasama dan didukung oleh pertamina. Kurang lebih terdapat 25 jenis makanan dan minuman di Pasa Pabukoan kita kali ini," katanya diamini Sales Area Manager Pertamina Sumbar yang dipimpin, Narotama Aulia Fazri. (FS)