Search

Pentingnya Mengetahui Cara Memasak Bakso Sehat, Higenis, Sedap Tanpa Micin



Padang,- Asupan gizi yang bagus akan sangat berpengaruh pada perkembangan otak anak. Tentu hal ini tidak lepas dari peran orang tua dalam memberikan asupan gizi yang baik kepada sang buah hati mereka. 

Untuk optimalnya perkembangan otak anak selain dari asupan gizi juga butuh ransangan pendidikan dan kesehatan. 

Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan otak anak adalah makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan untuk tubuh untuk tumbuh dan kembang anak. 

Asupan-asupan berupa makanan yang sehat dan bergizi tersebut juga berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan fisik serta motorik anak. Anak usia dini belum mampu membedakan mana makanan yang sehat, dan yang tidak sehat ataupun bergizi atau tidak bergizi. 

Disini peran orang tua serta guru sangat berpengaruh dalam hal tersebut. untuk sikapi hal tersebut, Persatuan Orang Tua dan Guru (POMG) TKIT adzkia V Padang pada tahun ajaran 2023/2024 ini gelar edukasi cara memasak bakso sehat, higenis dan sedap tanpa micin. Kegiatan ini merupakan agenda ke 2 bersama wali murid dan guru dalam tahun ajaran sekarang. 

Narasumber dalam kegiatan kedua POMG tersebut adalah Rifni Novitasari, STP., MP. dosen tetap Departemen Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau yang saat ini lagi mengambil program Doktor di Fakultas Pertanian Universitas Andalas saat ini. 

Narasumber yang didatangkan tersebut merupakan dosen yang sudah kompeten dalam mengolah berbagai hasil pertanian menjadi menu yang sehat, lezat dan menarik untuk dilihat dan disantap. 

Pada kegiatan kedua POMG ini wali murid mendapatkan transfer ilmu, keterampilan, dan pengalaman dari narasumber tersebut.

Bahan yang digunakan untuk membuat bakso sehat, yaitu terdiri dari daging sapi, daging ayam, pakcoy, tepung bakso, caisin, tepung tapioka, telur, wortel, bawang daun, selederi, dan rempah-rempah. Kegiatan kedua POMG TKIT Adzkia V Padang tersebut diawali dengan persiapan bahan dan alat yang diperlukan oleh ibu-ibu pengurus POMG TKIT V tahun ajaran 2023/2024 beserta ustadzah. Kemudian pemaparan materi oleh narasumber sekaligus praktek langsung pembuatan bakso sehat yang melibatkan langsung orang tua murid TKIT Adzkia V.

Menurut Ketua POMG TKIT Adzkia V Tahun 2023/2024, Dr. Silvia Permata Sari, SP.,P yang berprofesi sebagai dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas, kegiatan POMG yang kedua ini bertujuan untuk berbagi ilmu dan keterampilan kepada orang tua murid TKIT Adzkia V tentang bagaimana tips membuat bakso yang sehat, higenis dan sedap tanpa micin. Serta untuk memupuk ras gotong royong wali murid serta guru di taman kanak kanak ini. 

Bakso yang dibuat ini tidak saja mengandung gizi protein saja (daging), tetapi juga mengandung vitamin yang berasal dari sayuran hijau pakcoy, wortel, dan caisin sehingga bakso sehat ini bisa menjadi salah satu solusi bagi orang tua untuk mengatasi anak susah atau tidak suka makan sayur. Sayur tersebut kita ramu alias kita masukkan ke dalam campuran daging dan tepung yang dibentuk menjadi bakso bulat tanpa merubah rasa. Selain itu kegiatan ini bertujuan menumbuhkan jiwa kewirausahaan sehingga dapat menjadi peluang usaha orang tua murid TKIT Adzkia V Tahun 2023/2024.

Adapun respon dari kegiatan kedua POMG TKIT Adzkia V Padang ini sangat luar biasa. Murid-murid beserta orang tua murid TKIT Adzkia V Padang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, mulai dari awal kegiatan sampai selesai menu baksonya dihidangkan. 

Usai kegiatan memasak, Bu Silvi yang akrab dipanggil  Mami Alfi sebagai ketua POMG mengajak seluruh ibu ibu wali murid TKIT Adzia yang hadir untuk menghidangkan bakso yang akan di santap bersama.

Hasil akhir dari kegiatan ini yaitu menu bakso yang sehat, higenis dan sedap tanpa micin. Semua murid dan wali murid yang hadir disuguhkan menu bakso sehat hasil kegiatan kedua POMG tersebut. #Bakso Sehat, Anak Suka.

Oleh: Dr. Silvia Permata Sari, SP., MP.
Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Andalas

Ketua Persatuan Orangtua Murid dan Guru (POMG)
TKIT Adzkia V Tahun 2023/2024