-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Obrolan Sambil Ngopi Tentang Petani Peternak Muda Luak Limopuluah

Payakumbuh,- Pertanian dan peternakan merupakan salah satu sumber ekonomi utama masyarakat Luak Limopuluah (Payakumbuh & Limapuluh Kota). Namun untuk bergerak mengikuti perkembangan zaman masih butuh proses panjang. 

Hal ini menjadi topik pembicaraan hangat tiga penggerak pertanian dan peternakan di Luak Limopuluah yang bertemu secara tidak sengaja di Gubuk Kopi Sentral Payakumbuh.  Malam itu Nurkhalis SH datang ke Gubuk Kopi yang ada di  Jalan Jendral Soedirman Bala Tongah koto Payakumbuh untuk ngopi sambil sosialisasi sebagai calon anggota DPD RI. 

Nurkhalis SH, Korwil Gempita Sumatera Barat, Toto Setiawan, penggerak peternakan sapi Simental Indonesia dan Toa Libra pedagang sayur mayur yang namanya sudah tidak asing lagi bagi pedagang sayur mayur lintas Sumbar-Riau. 

Berawal dari obrolan kocak tentang pemilu 2024, akhirnya serius membahas hulu dan hilirnya usaha pertanian dan peternakan di Luak Limopuluah. 

Nurkhalis SH menguraikan bagaimana dia bersama Gempita menggerakan anak muda untuk bertani. Memanfaatkan lahan tidur untuk pertanian terutama bertanam jagung. Tentu juga dengan tanaman lainnya yang bermanfaat dan berdampak untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Sesuai cultur lahan yang ada. 

Kita harus menyemangati generasi muda untuk menggiatkan dunia pertanian dengan teknologi terbaru. Bagaimanapun kita harus akui teknologi semakin hari semakin update. Bertani sudah banyak tidak menggunakan sistem manual lagi saat ini, kata Calon Anggota DPD RI nomor urut 12 dengan khas tudung Caping bambu ini. 

Alhamdulillah gerakan kita dapat support bagus dari pemerintah pusat, terang Nurkhalis SH. 

Lain hal dengan Toto Setiawan, anak muda yang sedang giat giatnya dalam usaha jual beli dan peternakan sapi ini. Dari beternak sapi kita support dunia pertanian, kata Alumni Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh tersebut. 

Kotoran sapi saat ini kita kelola menjadi pupuk organik.  Langkah ini sangat membantu petani dalam kelangkaan pupuk saat ini, Terang Toto Setiawan. 

Dalam beberapa tahun belakangan Toto Setiawan eksis mengembangkan peternakan sapi dengan memanfaatkan lahan kosong milik keluarga. Area kandang yang sudah berdiri saat ini sudah bisa menampung seratusan sapi. 

Kotoran sapi diolah jadi pupuk organik dan digunakan untuk bertani palawija maupun padi. Dengan pupuk organik dari kotoran sapi ini kita bantu warga yang sering terkendala dalam mendapatkan pupuk, terang Toto

Dalam mengelola peternakan anak muda ini memberdayakan masyarakat sekitar tempat tinggalnya di Nankodok Kelurahan Tigo Koto Dibaruah Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. Anak anak putus sekolah, masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap dirangkul untuk bekerja di tempatnya oleh Toto Setiawan ini. Bahkan anak anak yang putus sekolah jika mau dan masih bisa melanjutkan pendidikan dimasukan ke sekolah kembali. 

Toa Libra owner Gudang Sayur Bungo Rimbang Batas Kota Payakumbuh arah Tanjung Pati sehari hari berkutat dengan hasil panen petani sayur yang ada di Payakumbuh dan Limapuluh Kota untuk dijual ke provinsi Riau. 

Saat ini pasaran sayur mayur terasa lesu, apalagi pasca erupsi Marapi. Sumplai sayuran dari lereng Gunung Marapi sangat tidak mencukupi. Petani disana alami gagal panen akibat abu vulkanik yang hampir tiap hari dimuntahkan gunung marapi, kata Toa Libra. 

Gagal panennya petani di lereng Marapi membuat harga sayur mayur melambung tinggi. Sementara hasil panen di Payakumbuh dan Limapuluh Kota tidak bisa mencukupi kebutuhan pedagang saat ini. Limapuluh Kota juga baru usai di landa bencana banjir, sehingga banyak petani gagal panen karena lahan mereka terendam banjir. kata Owner Bungo Rimbang yang saat ini juga terjun ke kancah politik Kota Payakumbuh. 

Toa Libra saat ini maju di Partai Persatuan Pembangunan dengan nomor urut 1 dari daerah pemilihan Payakumbuh III.

Dari obrolan mereka bertiga tersirat kolaborasi bagus untuk kemajuan dunia pertanian dan peternakan di Luak Limopuluah (Payakumbuh & Limapuluh Kota). 

Usaha pertanian dengan support peternakan akan sangat berdampak bagi pertumbuhan ekonomi kedepan. Luak Limopuluah masih banyak memiliki lahan lahan produktif untuk dua usaha ini. Kata Nurkhalis Dan Toa Libra. 

Kita sebagai tokoh masyarakat sangat mendukung program yang diusung mereka ini, kata Elvis Dt Gindo Marajo salah seorang Niniak Mamak di Nagari Koto Nan Gadang Payakumbuh Utara. 

Semoga Nurkhalis SH duduk sebagai Senator sebagai wakil Sumatera Barat di DPD RI pada pemilu 2024 ini. Kita tumpangkan perjuangan dan nasib generasi muda di pusat nantinya. Juga Toa Libra sukses menuju rumah Bagonjong Payakumbuh sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Payakumbuh 3 , harap Elvis Dt Gindo Marajo tersebut. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar