Search

Di Sijunjung, HPSN Dipusatkan di SMPN 7

 


Sijunjung,Salingkaluak.com,- Dinas Pemukiman Penduduk dan  Lingkungan Hidup ( Perkim)Kabupaten Sijunjung, memusatkan kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN),di SMP 7 Sijunjung,  Jumat (24/2).

Bupati Sijunjung yang diwakili Asisten II Muhadiris pada kesempatan tersebut menghimbau kepada seluruh siswa dan  masyarakat untuk menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, karena Pemerintah telah menyiapkan tempat untuk pembuangan sampah.  Seluruh siswa dan masyarakat, untuk peduli sampah dan sampah bukan hanya tanggung jawab Pemerintah, melainkan tanggung jawab bersama, baik dari lingkungan terdekat maupun pada skala lingkungan yang lebih luas." Imbau bupati. 

Menurut bupati, perlu peningkatan kesadaran siswa serta masyarakat untuk lebih peduli kebersihan lingkungan terutama permasalahan sampah ini.

Persoalan sampah ini memang kalau tidak di menej dengan baik, akan menimbulkan masalah serius.  kuncinya adalah dengan mengurangi sampah plastik. Jadi kalau kita sudah bisa mengurangi sampah yakni dengan memilah sampah yang bisa di daur ulang sehingga menjadi nilai yang ekonomis, maka kita bisa sukses," kata Bupati.

Tema Hari Peduli Sampah Nasional 2024

Berdasarkan Surat Edaran Menteri LHK Nomor 2 Tahun 2024 tentang Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, tema yang diusung tahun ini yaitu "Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif". Peringatan HPSN tahun 2024 ini  memfokuskan persiapan Indonesia dalam menghadapi ILBI (International Legally Binding Instrument) on plastic pollution untuk vumewujudkan penyelesaian polusi plastik di Indonesia.


Selain itu peringatan HPSN 2024 juga ditujukan untuk memenuhi target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah. Hal ini sebagai usaha bersama untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia sebagai manifestasi prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan yang memaduserasikan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Sehingga diharapkan kita dapat mengatasi polusi plastik dengan cara produktif, kata Kadis Perkim LH, Meigayanto.

Tema yang ditetapkan tersebut dilatarbelakangi dengan adanya persoalan sampah plastik yang masih terus menjadi persoalan serius baik zsecara nasional maupun internasional. Pencemaran sampah plastik saat ini telah menjadi isu global karena sifatnya yang transnasional dan lintas batas,jelas Kadis Perkim.

Kepala SMP 7 Sijunjung, Carly Melinton menyampaikan Siswa,-siswa SMP 7 Sijunjung siap menjadi agen perubahan untuk  menjadikan sampah bernilai ekonomis.

Edukasi juga harus diberikan terkait ini, termasuk membiasakan siswa dan masyarakat untuk tidak selalu menggunakan kantongan plastik.

Sebagai komitmen bersama seluruh warga sekolah untuk ciptakan sekolah bersih dan sehat yang dilanjutkan jalan santai dan sosialisasi masalah sampah. 

Rangkaian kegiatan HPSN terselenggara atas kerjasama antara sekolah, Dinas Perkim Lingkungan Hidup Kabupaten Sijunjung dan Komite SMP 7, jelas Anton. (Alim).