-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Pj. Wako Jasman Apresiasi Prestasi MAN 1 Payakumbuh Di Ajang Robotik Internasional

Payakumbuh - Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman sangat bangga atas prestasi yang diraih MAN 1 Payakumbuh dalam ajang robotik internasional yang diselenggarakan di Negeri Jiran Malaysia beberapa waktu lalu.

"Kami sangat bangga sekali, dulu sekolah di madrasah kurang dilirik oleh masyarakat kita, namun sekarang segudang prestasi dilahirkan dari madrasah ini," kata Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman saat menghadiri pembukaan Madrasah Vocational Competition (MVC) III dan Vocapay Robotic Competition (VRC) I yang diselenggarakan oleh MAN 1 Kota Payakumbuh, Rabu (31/01/2024).

Jasman mengatakan, MVC III merupakan sebuah ajang lomba tahunan yang diinisiasi oleh MAN 1 Kota Payakumbuh. Acara ini bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga sarana untuk mendorong pengembangan keterampilan siswa SLTP sederajat dalam berbagai bidang, mulai dari keagamaan, sains, hingga teknologi.

"Kita sangat mengapresiasi sekali. Melalui MVC III ini, kami berharap dapat melihat tumbuh kembangnya generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang relevan dengan minat dan bakat masing-masing peserta," ucapnya.

Tak kalah penting lagi, disebutkan Pj. Wako VRC I, yang diadakan berskala nasional, menekankan peran madrasah dalam membentuk individu dengan keahlian di bidang teknologi.

"Dalam era digital ini, keahlian teknologi menjadi suatu keharusan, dan partisipasi siswa madrasah dalam VRC I menunjukkan bahwa mereka memiliki peran yang signifikan dalam perkembangan teknologi di tanah air," katanya.

Selain itu, kompetisi ini adalah perpaduan yang harmonis antara Imtaq (Iman dan Takwa) dan Imtek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Ini adalah langkah nyata dalam mewujudkan visi pendidikan holistik yang selama ini didengungkan.

"Saya yakin, dengan komitmen bersama, kita dapat menjadikan pendidikan sebagai pilar utama dalam membangun Kota Payakumbuh yang lebih baik," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumbar Mahyudin mengharapkan perhatian wali kota sangat di harapkan sekali untuk kemajuan madrasah dimasa yang akan datang.

"Sebagai penguasa wilayah, harapan kita pak wali bisa mengawal apa yang ada di madrah ini. Dari komitmen Pak Wali tadi kami yakin dan percaya, dengan tangan dinginnya madrasah di Payakumbuh akan jauh berkembang dan lebih baik lagi," ujarnya.

Dikesempatan itu juga, Kepala Sekolah MAN 1 Payakumbuh Muhammad Suhardi mengungkapkan, dalam ajang robotik internasional di Malaysia siswanya berhasi meraih tiga medali.

"Kemaren baru saja anak-anak kita ini pulang dari malaysia dari ajang lomba robotik internasional mereka berhasil merebut 1 medali emas dan 2 perak. Alhamdulillah," pungkasnya. (Rel/FS)

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar