-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Sayuran yang tidak boleh dikupas kulitnya

Pada saat memasak suatu sayuran tentunya kita selalu melakukan persiapan untuk memulai aktivitas tersebut. Mulai dari mempersiapakn bumbu yang dipakai, peralatan yang digunakan dan lain sebagainnya. Nah sebelum sayuran tersebut akan dimasak, biasanya kita selalu membersihakan terlebih dahulu, ada memotong, mengiris atau mengupasnya. Namun jangan asal dikerjakan saja, bisa jadi tindakan yang kita lakukan bisa berakibat sayuran tersebut bisa kehilangan nutrisi yang dikandungnya. Sebab, pada kulit buah sayuran tersebut terdapat nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan apabila tidak dikupas terlebih dahulu, bahkan ada sebagain yang bisa langsung dikonsumsi.

Berikut ada beberapa sayuran yang sebaiknya tidak perlu dikupas kulitnya diantaranya yaitu :

1.      Kentang

Sayuran yang berbentuk umbi yang satu ini merupakan salah satu jenis sayuran yang familiar dimasak dan dikonsumi. Selama ini, biasanya kentang dimasak dibuang kulitnya terlebih dahulu jika tidak akan terlihat agak kurang bersih. Namun siapa sangka ternyata, kulit kentang kaya akan serat, vitamin, mineral dan zat besi yang dapat membantu mendukung kinerja sel darah merah.


 

2.      Mentimun

Mentimun merupakan sayuran buah yang biasanya langsung dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Kebanyakan mentimun menjadi lalapan yang paling disukai karena rasanya gurih, banyak air dan enak. Walaupun ada sebagain yang memasak mentimun terlebih dahulu.

Ternyata pada kulit mentimun kaya akan serat, vitamin, dan mineral, termasuk vitamin K, yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Selain itu juga merupakan sumber silika, senyawa yang mendukung kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

 


 

3.      Terong

Sayuran yang satu ini memang tidak asing lagi bagi kita. Biasanya terong dimasak untuk berbagai jenis masakan, namun ada juga terong yang bisa dijadikan lalapan. Nah, bagi terong yang memasak terong tidak usah dibuang kulitnya terlebih dahulu karena pada kulit terong terdapat antioksidan yang kuat yaitu nasunin yang berperan dalam membantu melindungi sel otak dari stress oksidatif. Selain itu juga menyediakan serat makanan yang membantu pencernaan dan memberi rasa kenyang.

 


4.      Wortel

Sayuran umbi yang berwarna orange yang sangat melekat dengan kelinci ini merupakan sayuran yang banyak disukai untuk dijadikan sup ataupun dijadikan lalapan. Wortel memang kaya akan zat dan mineral, bahkan menurut penelitian bisa berpotensi membunuh sel kanker. Zat polyacetylenes salah satu yang paling baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan antijamur, antibakteri, serta antiperadangan, nah untuk itu jangan dikupas lagi yah kulitnya.


 

5.       Lobak

Sama halnya dengan wortel, sayuran umbi berikut ini juga tidak usah dikupas kulitnya. Sayuran yang berasal dari Jepang dan Cina ini memang tidak diragukan lagi karena mengandung vitamin, mineral, dan antioksida. Sayuran lobak putih diyakini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga menurunkan risiko penyakti kronis.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar