-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Rombongan Kebudayaan Limapuluh Kota Lakukan Kunjungan Balasan Ke Negeri Jiran

Limapuluh Kota,Salingkaluak.com,,- Rombongan kebudayaan Limapuluh Kota berkunjung ke Negeri Sembilan Malaysia. Kunjungan tersebut dalam rangka kegiatan silang budaya Luak Limopuluah dengan negeri Sembilan. 

Kegiatan ini merupakan kunjungan balasan setelah rombongan dari negeri Sembilan Malaysia berkunjung ke Limapuluh Kota pada agustus lalu saat pergelaran pekan budaya Limapuluh Kota. 

Pada pagelaran pekan budaya bulan agustus lalu, Tokoh tokoh perantau Limapuluh Kota di negeri Sembilan menyempatkan hadir di acara pekan Budaya Limapuluh Kota.

Rombongan yang dipimpin langsung Bupati Limapuluh Kota Syafaruddin Dt Badaro Rajo di dampingi kadis Pendidikan Kebudayaan Afri Efendi SPd.MM dan Kabid Kebudayaan M.Yusuf Lubis disambut perantau Luak Limopuluah di gedung LPPKN Seremban Negeri Sembilan pada Sabtu 2/12/23. pada kesempatan tersebut Tim seni budaya dari sanggar Pusako tampil memukau perantau Limapuluh kota yang hadir diacara tersebut.  

Kegiatan silang budaya ini tidak hanya sekedar menjalin dan memperkuat hubungan silaturahmi antara perantau dan masyarakat di kampung halaman. Tapi juga dalam rangka menjaga dan menanamkan nilai nilai budaya bagi perantau asal Luak Limopuluah di negeri Sembilan. 

Dalam sambutannya Bupati Limapuluh Kota memaparkan visi dan misi kabupaten Limapuluh Kota. Juga program program unggulan Limapuluh Kota serta program yang berkaitan dengan adat dan budaya Limapuluh Kota. 

diacara Silang Budaya dengan Negeri Sembilan, tim kesenian dari sanggar seni pusako andaleh menampilkan tari lukah, intro musik, tari piring injak kaca dan beberapa penampilan seni budaya lainnya. Sementara tuan rumah dari Negeri Sembilan menampilkan tari dan solo song melayu. 

Exco wisata Teknologi Inovasi dan digital Negeri Sembilan Datuk Mohd faizal ramli pada sambutannya mengatakan Kegiatan silang budaya ini sangat penting untuk ditingkatkan. karena sangat berdampak bagus untuk memperkuat hubungan silaturahim negara serumpun. 

Kita tahu negeri Sembilan memiliki banyak kesamaan adat dan budaya dengan Minangkabau terutama Limapuluh Kota, Kata Datuk Mohd faizal ramli. 

Dengan adanya agenda seperti ini kita bisa melihat perbedaan adat dan budaya untuk sama sama dipelajari kedepan, Pengetahuan tentang adat dan budaya negeri serumpun ini jika tidak digiatkan kepada generasi penerus kita yakin kedepan akan hilang ditelan zaman, ujar Datuk Mohd faizal ramli. 

Sementara itu Rafi Candra ketua Sanggar Seni Pusako Andaleh mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Limapuluh Kota terutama bidang pendidikan dan kebudayaan yang telah melibatkan sanggar Seni Pusako dalam kegiatan Silang Budaya ini. 

Bupati dan rombongan juga dijamu di Istana Negeri sembilan serta ramah tamah dengan perantau asal Luak Limopuluah di Luak Teraci. 

Ikut juga dalam rombongan ini kabag Protokoler Hendri Yasmen beserta staf dari Pemkab limapuluh Kota serta 11 orang dari sanggar seni Pusako Andaleh. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar