-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Dilanda Longsor, TPA Regional Payakumbuh Ditutup

Payakumbuh, Tempat pembuangan sampah yang ada di Taratak Padang Karambia Kecamatan Payakumbuh Selatan dilanda longsor pada Rabu 20/12/23 lalu. 

Lahan pertanian warga yang ada disekitar lokasi banyak tertimbun sampah akibat longsor dini hari pada Rabu kemaren. Serta berdampak kepada aktifitas pembuangan sampah ke lokasi ini. 

Menyikapi kondisi dilapangan, Pemko Payakumbuh mengatakan untuk sementara TPA Regional tersebut ditutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. 

Pemko Payakumbuh melalui PJ Walikota Drs Jasman MM Dt Bandaro bendang mengeluarkan himbauan kepada seluruh masyarakat Payakumbuh untuk bisa mengelola sampah rumah tangganya, terutama sampah organik untuk mengurangi timbunan sampah di bak penampungan dan bersama-sama menjaga kebersihan Kota Payakumbuh.

“Penutupan dari tanggal 21 Desember 2023 sampai waktu yang belum ditentukan karena kondisi TPA Regional Payakumbuh tidak memungkinkan untuk dioperasikan,” Ujar PJ Wako Payakumbuh tersebut.

Sementara itu Sekda Payakumbuh Rida Ananda kepada awak media usai meninjau lokasi longsor di TPA regional tersebut mengatakan tercatat kerugian akibat longsor tersebut sekitar Rp 23 Milyar dan sekitar Rp 1 Milyar kerugian dari sektor pertanian karena lahan masyarakat tertimbun sampah. 

Sesuai arahan PJ Wako, TPA Regional ditutup dulu, Perlu dilahirkan kebijakan dalam penanganan sampah di Kota Payakumbuh, kata Sekda Payakumbuh ini. 

Dari hasil rapat usai meninjau lokasi TPA Regional disepakati penanganan sampah kota Payakumbuh akan dikelola di setiap rumah tangga serta kelurahan dengan menggunakan prinsip 3R. Yakni Reduce (kurangi), Reuse (gunakan kembali), dan Recycle (daur ulang).

“Sehingga nantinya yang diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup hanya 1/3 dari jumlah sampah yang ada. Hal ini untuk langkah awal sembari kita terus mencari solusi selanjutnya,” kata Rida Ananda.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar