-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Jantung Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa sih yang tidak mengenal tanaman pisang. Tanaman yang satu ini merupakan penghasil buah yang sering dikonsumsi karena memiliki rasa yang enak dan mudah dibudidayakan. Tanaman pisang dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki iklim tropis basah, lembab dan panas. Pisang atau dikenal dengan nama latin Musa paradisiaca ini merupakan jenis tanaman yang melimpah di Indonesia. Hampir semua bagian dari tanaman pisang dapat dimanfaatkan, mulai dari buah, pelepah, daun, akar dan jantung pisang.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai jantung pisang. Jantung pisang merupakan bunga yang dihasilkan oleh pokok pisang yang berfungsi untuk menghasilkan buah pisang. Jantung Pisang dihasilkan semasa proses pisang berbunga dan menghasilkan tandan pisang sehingga lengkap. Hanya dalam keadaan tertentu atau spesis tertentu jumlah tandan dan jantung pisang melebihi dari pada satu. Ukuran jantung pisang sekitar 25 – 40 cm dengan ukur lilit tengah jantung 12 – 25 cm.

Kulit luar jantung pisang keras dan akan terbuka apabila sampai waktu bagi mendedahkan bunga betina. Bunga betina dan jantan menghasilkan nektar untuk menarik serangga menghisapnya dan menjalankan proses pembungaan. Struktur jantung pisang mempunyai banyak lapisan kulit, dari yang paling gelap cokelat-ungu kemerahan di bagian luar dan warna putih krim susu di bagian dalam. Terdapat susunan bunga berbentuk jejari di antara kulit tersebut dan di tengahnya yang lembut. Jantung pisang mempunyai cairan berwarna jernih dan akan menjadi pudar warnanya apabila jantung pisang terkena udara dari luar lingkungan sekitarnya.

Jantung pisang merupakan salah satu bagian dari tanaman pisang yang masih kurang pemanfaatannya, saat ini hanya diolah sebagai sayur saja. Padahal disamping harga yang murah, jantung pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya bagi yang ingin menjalankan program diet, karena jantung pisang mengandung serat tinggi dan hanya sedikit lemak serta rendah proteinnya.

Manfaat jantung pisang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita yakni, memiliki banyak kandungan zat – zat alami yang baik untuk kesehatan seperti protein, karbohidrat, mineral, fosfor, kalsium, vitamin B1, vitamin C serta kandungan serat yang terdapat pada jantung pisang juga tinggi. Dengan adanya kandungan zat – zat yang sudah disebutkan di atas, jantung pisang juga sering dikatakan merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi lengkap.

Berikut beberapa khasiat jika kita mengkonsumsi jantung pisang untuk kesehatan, diantaranya yaitu :

1.      Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jantung pisang kaya dengan kandungan serat di dalamnya. Kandungan ini baik untuk pencernaan dan membantu mengurangi risiko sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

2.      Mengatasi Masalah Menstruasi dan Penurunan Berat Badan

Jantung pisang dapat meningkatkan progesteron yang membantu mengurangi pendarahan yang berlebihan saat menstruasi. Selain itu, kandungan serat pada jantung pisang dapat membantu penurunan berat badan berlebih. Mengonsumsi jantung pisang juga dapat menenangkan perut.

3.      Mengatasi Diabetes dan Anemia

Pengidap diabetes ada baiknya mengonsumsi jantung pisang untuk menurunkan kadar gula darah. Jantung pisang juga dapat meningkatkan hemoglobin dalam tubuh pengidap diabetes, karena kaya akan serat dan zat besi yang membantu dalam produksi sel darah merah

4.      Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jantung pisang mengandung vitamin C yang tinggi di dalamnya. Kandungan ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

5.      Menjaga Kesehatan Jantung dan Mengatur Tekanan Darah

Jantung pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi di dalamnya. Kandungan kalium ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan memperkuat kontraksi otot jantung.

Kalium dalam jantung pisang juga membantu mengatur tekanan darah seseorang. Manfaat ini bisa membantu mengurangi risiko hipertensi yang mungkin dialami seseorang

6.      Meningkatkan Energi

Kandungan karbohidrat bisa diperoleh dari jantung pisang. Karbohidrat diperlukan untuk produksi energi, sehingga dapat membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.

7.      Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Kalium pada jantung pisang memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan cairan pada tubuh. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Penulis: Obel SP.MP

Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar