Search

Bersama Jadikan Warga Batu Busuk Tangguh Bencana



Oleh Ns. Fitri Mailani, M.Kep

Padang,- Daerah rawan bencana adalah tempat yang memiliki risiko tinggi terkena berbagai jenis bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan banyak lagi. Salah satu daerah yang memiliki resiko tinggi terkena bencana banjir dan longsor adalah di kelurahan Lambung Bukit yaitu tepatnya di daerah Batu Busuk. Salah satu upaya mitigasi yang dilakukan adalah dengan membentuk kader dari masyarakat dan memberi pelatihan bantuan hidup dasar pada kader tersebut.

Mahasiswa profesi keperawatan yang mengambil lokasi praktek profesi di kelurahan Lambung Bukit khususnya di wilayah Batu busuk, melihat bahwa penting untuk melaksanakan program “Bersama menjadikan warga Batu Busuk tangguh bencana”, untuk itu pada hari Rabu tanggal 8 November dilakukan beberapa kegiatan yang di ikuti oleh 15 kader bencana di wilayah tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan prioritas masalah yang telah di analisa oleh kelompok. Pelatihan yang diberikan pada kegiatan tersebut adalah cara Triage korban bencana, evakuasi korban bencana, cara memberikan Bantuan Hidup Dasar (BHD), dan juga cara perawatan luka untuk para korban bencana saat bencana itu terjadi.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana, mengurangi korban jiwa, meningkatkan rasa tanggung jawab bersama, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi bencana, mengurangi beban layanan medis professional. Dalam situasi bencana yang parah, layanan medis profesional mungkin terbatas atau sulit diakses. Oleh karena itu, kemampuan masyarakat setempat untuk memberikan pertolongan pertama sangat berharga. Dengan demikian, beban pada layanan medis profesional dapat berkurang, dan mereka dapat fokus pada pasien yang membutuhkan perawatan lanjutan.


Adapun mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Rio Laksmana S.Kep, Faraz Arsya Duta S.Kep, Tisya Mutiara Rahmadini S.Kep, Rifqa Luthfi Addistia S.Kep, Miftahul Rohimah S.Kep,  Vina Reski Putri Zalmi S.Kep, Wenni Mardiati S.Kep, Feranita S.Kep, Rahmadia Sari S.Kep,  Fitrawati,, S.Kep, Yuli Mardiana, S.Kep, Mutiara Fitra, S.Kep. Dosen pembimbing Ns. Fitri Mailani, S.Kep, M.Kep dan didampingi oleh sekeretaris BPBD Kota Padang bapak Robert Candra Eka Putra, S. Sos., M.Si. Kegiatan ini dibuat dalam bentuk mini workshop dengan metode roleplay, yang membagi kader dalam kelompok kecil dan langsung mempraktekkan skill yang diajarkan. Kegiatan ini merupakan bentuk dari konsistensi Fakultas Keperawatan UNAND dalam membentuk masayarakat Tangguh bencana di Kota Padang.

Memberikan pelatihan bantuan hidup dasar kepada masyarakat di daerah rawan bencana adalah langkah yang krusial untuk meningkatkan kesiapan dan respons dalam menghadapi bencana alam. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui pelatihan ini, masyarakat dapat berperan aktif dalam menyelamatkan nyawa dan meredakan dampak bencana. Ini adalah langkah proaktif yang harus didukung dan diimplementasikan secara luas untuk membangun komunitas yang lebih aman dan kuat di tengah ancaman bencana.