Search

Di Sumbar, BERGANJAR Gelar Deklarasi

Sawahlunto, - Dukungan pada Calon Presiden Ganjar Pranowo di Sumatera Barat, terus mengalir. Salahsatunya, di  kota Sawahlunto yang dihuni oleh masyarakat dari berbagai etnis.

Sekitar seratusan orang dari berbagai komponen masyarakat yang tergabung dalam Relawan BERGANJAR (Bersama Ganjar), melakukan deklarasi di Parai City Garden Hotel, Minggu (1/10) malam.

Menurut Ketua Tim Relawan BERGANJAR kota Sawahlunto, Amin Pratikno, deklarasi ini dilakukan sebagai wujud konkrit  untuk mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden RI, pada ajang Pilpres tahun 2024 mendatang.

"Seperti sama sama kita ketahui, pada 2 kali ajang Pilpres di Sumatera Barat sebelumnya, cukup berat untuk memenangkan Capres yang diusung oleh PDI Perjuangan bersama sejumlah partai koalisinya. Dan pada Pilpres 2024 mendatang, PDI Perjuangan bersama partai koalisinya mengusung Ganjar Pranowo meski hingga malam kita belum mengetahui siapa yang bakal mendampingi sebagai Cawapres," sebutnya.

Namun demikian, imbuh pria kelahiran Jawa Tengah itu,  siapapun nanti yang akan disandingkan dengan Ganjar Pranowo, tidak akan menyurutkan tekad kita dalam berjuang memenangkan Gajar Pranowo.

"Kita sama-sama melihat di berbagai mass media, bahkan tim relawan Ganjar Pranowo dengan beragam nama dan tema, telah lebih dulu mendeklarasikan dukungan mereka. Bukan hanya di tanah air, tetapi bahkan dari WNI yang ada di Asia hingga Eropa," ungkapnya.

Artinya, lanjut dia lagi, sosok Capres Ganjar Pranowo yang kami  dukung, memang betul-betul dinilai pantas untuk memimpin negeri yang kita cintai ini.

Sementara itu, dalam sambutan sebelum memimpin pembacaan deklarasi, Amin Pratikno menyampaikan bahwa dalam  kesamaan visi memenangkan Capres, tentu harus terus bekerjasama dan saling bahu membahu. 

"Sebab, solidnya tim relawan ini akan menjadi sebuah kekuatan tersendiri untuk mencapai keberhasilan perjuangan kita," ujarnya.

Diiringi aplouse meriah dari para tim relawan yang hadir, Amin juga menyatakan bahwa bergabungnya kita semua yang terdiri dari berbagai latar belakang, merupakan bukti keinginan bersama untuk memilih pemimpin yang jujur, amanah dan bertanggungjawab. Dimana semua itu, ada pada sosok Ganjar Pranowo.

"Untuk itu, marilah kita terus tingkatkan soliditas kita dalam bekerja memenangkan Ganjar Pranowo menjadi Presiden RI, pada Pemilu mendatang," pintanya.

Lebih jauh, Amin juga mengingatkan agar dalam bekerja,  tidak boleh saling menjatuhkan nama Capres lainnya dan harus tetap menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita memang harus melawan informasi dan berita berita bohong atau hoaks, tetapi lakukanlah dengan cara cara yang santun, beretika dan beradab," pungkasnya.

Mewakili 3 kecamatan lainnya, Koordinator Relawan BERGANJAR kecamatan Barangin, Adi Hardedi mengaku bangga dengan terbentuknya tim relawan ini.

"Saya Ganjar banget. Tapi sebelumnya saya bingung, mana kawan kawan saya yang mendukung Ganjar Pranowo di kota Sawahlumto ini," ungkapnya.

Tetapi, imbuh pria yang sehari hari disapa Dedi Benjol itu, malam ini saya sangat bangga karena ada deklarasi BERGANJAR yang menjadi wadah bagi para pendukung ganjar.

"Saya harap, BERGANJAR akan terus kompak sebagai wadah perjuangan dalam memenangkan Ganjar Pranowo menjadi Presiden," sebutnya.

Usai pembacaan deklarasi, seluruh relawan tampak membubuhkan tandatangan di backdrop berukuran besar.

Tampak hadir dalam deklarasi tersebut, aktifis senior Ali Warman (Ali Kribo), Derisbon, Pardi, serta sederet nama tokoh lainnya dari 4 kecamatan yang ada di Sawahluuto. (*)

Berikut Narasi deklarasi BERGANJAR yang peroleh media ini:

 Dengan kesungguhan hati dan keikhlasan, kami masyarakat kota Sawahlunto dari berbagai lapisan yang tergabung dalam relawan Berganjar, menyatakan:

1. Akan tetap setia pada NKRI, Pancasila dan UUD Tahun 1945.

2. Siap mendukung dan mengawal bapak Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden Republik Indonesia, pada Pilpres tahun 2024.

3. Kami akan mensosialisasikan  kepada seluruh elemen masyarakat, untuk mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia Tahun 2024, secara santun dan elegant, baik melalui Medsos ataupun secara langsung.

4. Menjaga perdamaian, kesatuan dan persatuan di tengah-tengah masyarakat, melawan hoaks serta issue issue negatif, selama musim Pemilu berlangsung.

5. Berkomitment menjadi garda terdepan dalam mengawal Ganjar Pranowo hingga terpilih menjadi Presiden Repubik Indonesia Tahun 2024.

6. Siap menjadi mitra dalam setiap program untuk kemenangan Ganjar Pranowo