Search

Dosen FKEP Unand Gelar PKM di SMPN 23 Kota Padang


Oleh: NS. Bunga Permata Wenny M.Kep 
Dosen FKEP Unand

Padang,- Dosen Fakultas Keperawatan (FKEP) Universitas Andalas (UNAND) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada remaja di salingka kampus tepatnya di SMP 23 Kota Padang, kegiatan ini dilakukakan pada jumat 4 Agustus 2023 dengan mengusung tema : remaja sehat, remaja bermental kuat, meraih prestasi”

Kegiatan PKM ini dilakukan oleh Tim pengabdian  dari dosen FKep dan Mahasiswa FKep. Kegiatan Pengabdian ini di ketuai oleh Ns. Bunga Permata Wenny, M. Kep mengungkapkan bahwa kegiatan PKM ini merupakan implementasi dari kesepahaman bersama antara FKep Unand dengan Kepala sekolah SMP 23 padang untuk melakukan kerjasama penelitian dan pengabdian Masyarakat.

Adapun tim Dosen dalam pengabdian Masyarakat ini yaitu Dr. Ns. Rika Sarfika,S.Kep.M.Kep, Ns. Mahathir, M. Kep, Sp.Kep.Kom, Dr. Ns. Atih Rahayuningsih, M.Kep, Sp.Jiwa, Ns. Windy Freska, S.Kep, M.Kep, Ns. Randy Refnandes, S.Kep, M.Kep, Agus Sri Banowo, S.Kp, M.PH, Ns. Siti Yuli Harni, M.Kep, Sp. Kep, Kom, Ns. Devia Putri Lenggogeni, M.Kep, Sp. Kep. MB dan Ns. Sovia Susianty, M. Kep.

Kesehatan jiwa saat ini telah menjadi masalah kesehatan global bagi setiap negara, dimana proses globalisasi dan pesatnya kemajuan teknologi informasi memberi dampak terhadap nilai-nilai sosial dan budaya masyarakat. Masyarakat dihadapkan dengan cepatnya perubahan disegala bidang kehidupan. Perubahan tidak bisa dihindari dan harus siap menghadapi tekanan-tekanan yang ditimbulkan. Sementara tidak semua orang mempunyai kemampuan yang sama untuk menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Ini menyebabkan banyak orang tidak menyadari jika mereka mungkin mengalami masalah kesehatan jiwa dan  bahkan gangguan jiwa.

Masa remaja adalah masa-masa yang paling krusial dalam pencarian jati diri seseorang, bahkan banyak orang mengatakan bahwa remaja adalah tulang punggung sebuah negara. Dengan demikian remaja merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat menggantikan generasi-generasi terdahulu dengan Namun kesehatan mental menjadi fokus perhatian yang tak kalah pentingnya seperti kesehatan fisik. Dan sangat disayangkan di Indonesia sendiri, gangguan psikologis seperti ini masih dianggap tabu. Screening terkait kesehatan jiwa pada remaja penting dilakukan di SMPN 23  padang dengan data screening nantinya didapatkan masalah psikologi yang sering terjadi yang dialami remaja.

Psikoedukasi bisa menjadi salah satu solusi yang bisa diberikan kepada para remaja dalam pencegahan masalah psikososial yang mereka alami, untuk mencegah terjadi nya prilaku buruk seperti depresi hingga beresiko bunuh diri.

Adapun edukasi kesehatan mental yang disampaikan dalam kegiatan PKM ini adalah terkait pengetahuan tentang tumbuh kembang psikososial usia remaja yang diberikan oleh Ns. Windy Freska, M.Kep. Sementara materi terkait masalah kesehatan mental yang sering terjadi pada remaja dan cara penangananya disampaikan oleh Ns. Bunga Permata Wenny, M.Kep serta Pengetahuan terkait Bunuh diri pada remaja disampaikan oleh Dr. Ns. Atih Rahayuningsih, M.Kep, Sp.Jiwa

Kepala Sekolah SMPN 23 Padang Asnimar, M.Pd, menyambut baik dengan kegiatan yang dilakukan, beliau mengatakan deteksi dini dan edukasi terkait gangguan Kesehatan jiwa pada remaja penting untuk dilakukan, siswa juga menyambut kegiatan ini dengan antusias, diharapkan kegiatan pengabdian Masyarakat oleh dosen fakultas keperawatan ini bisa berlanjut hendaknya tutur asnimar.