Search

Air Terjun Lubuk Batang Makan Korban



Limapuluh Kota,- Seorang wisatawan yang berkunjung ke air terjun Lubuk Batang Nagari Koto Bangun kecamatan Kapur IX ditemukan meninggal dunia pada Kamis 17/8/23 sore. 

Kejadian ini dibenarkan oleh Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf melalui Kapolsek Kapur IX Iptu Debby Kurnia Putra SH. 

Benar ada kejadian pengunjung yang tenggelam di area air terjun lubuk batang pada Kamis 17/8/23 sekira jam 14.10 wib, kata Iptu debby Kurnia Putra SH kepada media ini. Korban berasal dari provinsi Riau bersama rekan rekannya. ada sekitar 13 orang dalam rombongan yang datang berwisata ke lokasi air terjun tersebut, imbuh kapolsek Kapur IX ini. 

kronologis kejadian, Korban yang dari kartu identitas diketahui bernama Hendric Granciano dengan alamat Jln. Fajar Ujung GG Ibu No. 21 Labuh Baru Barat Kec. Payung Sekaki Kota Pekan Baru sampai di lokasi air terjun sekira jam 14.00 wib. Kondisi cuaca disekitar lokasi air terjun baru selesai turun hujan. Sehingga kondisi air agak berwarna kecoklatan. 

Korban bersama 2 temannya setiba di lokasi langsung ganti pakaian untuk berenang dan langsung berlari ke arah air terjun. 

Tidak berselang lama, teman korban yang diketahui bernama Aldi ikut berenang ke arah air terjun. Aldi berdiri tidak jauh dari titik jatuh air terjun, kedalam air ditempatnya berdiri tidak lebih setinggi lutut. 

Tiba tiba Aldi melihat Hendric seperti orang akan tenggelam tidak jauh dari lokasi dia berdiri. Aldi berusaha membantu Hendric dengan mencoba mendorong tubuh Korban kearah yang lebih dangkal. Sayang usaha Aldi gagal dan bahkan nyaris membuat Aldi ikut tenggelam karena posisi korban saat itu di lokasi yang cukup dalam airnya. 

Akhirnya Aldi berusaha menyelamatkan diri dan bersama teman temannya mencoba minta bantuan warga.Untuk bisa bertemu warga ada sekitar 15 menit teman korban dengan mengendarai sepeda motor menuju pemukiman terdekat.  

Setelah melakukan pencarian dengan peralatan seadanya (Senter & Kacamata Selam) Korban berhasil ditemukan warga dalam keadaan meninggal sekira jam 15.50 wib.

Korban dievakuasi dengan tandu yang dibuat dari sebatang anak kayu menuju keluar lokasi. Sekira jam 17.35 wib jasad korban sampai di puskesmas Muaro Paiti dengan menggunakan ambulans puskesmas nagari Sialang. 

Dan malamnya jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka di Jln. Fajar Ujung GG Ibu No. 21 Labuh Baru Barat Kec. Payung Sekaki Kota Pekan Baru menggunakan mobil Ambulan UPTD Puskesmas Muaro pati. 

dari hasil pemeriksaan di puskesmas pihak keluarga membuat surat pernyataan tidak ada tuntutan apapun tentang kejadian yang menimpa korban. Pihak keluarga menyatakan keikhlasan meninggalnya korban di lokasi air terjun Lubuk Batang. Sudah takdir almarhum disini, kata keluarga korban seperti di ceritakan Iptu Debby Kurnia Putra SH Kapolsek Kapur IX kepada media ini melalui sambungan telepon pada Kamis Malam tersebut.