Search

Ratusan Pecinta Burung Kutilang Berkumpul di Nagari Batu Payuang

Limapuluh Kota– Minggu 28/5/23 ratusan pecinta burung kutilang berkumpul di Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban kabupaten Limapuluh Kota. Mereka datang dari berbagai daerah di Sumatera Barat dalam rangka mikek Basamo (memukat Bersama) yang di adakan Pecinta Baret Hitam Sumbar (PHBS). 

Kegiatan Mikek Basamo yang sekaligus dalam rangka menjalin dan meningkatkan hubungan silaturahmi sesama pecinta burung Kutilang. Acara kali ini merupakan kali ke 31 diadakan di Kabupaten Limapuluh Kota selama PHBS berdiri. Komunitas ini berdiri 24 Oktober 2020 lalu . 

“Dari Jarek Bajabaik Tangan, Dari Pikek Manjadi Kawan “ motto ini menjadi sebuah kalimat penting dalam komunitas Pecinta Baret Hitam Sumbar yang kemudian disebut PBHS. Nama Pecinta Baret Hitam Sumbar (PBHS) sendiri, digagas oleh seorang pecinta atau penghobi Kutilang Perak bernama Akang Basituo. 

Baca Juga: Heatstroke, Salah Satu Dampak Cuaca Makin Panas

Kegiatan silaturahim ini diikuti oleh ratusan penghobi burung kutilang yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat, diantaranya Kabupaten Pasaman Timur, Kabupaten Pariaman, Kota Bukittinggi, Kabupaten Tanah Datar, Kota Padang Panjang, Kabupaten Solok dan Alahan Panjang, Kota Solok, Kabupaten Agam dan kota atau kabupaten lainnya serta termasuk tuan rumah sendiri dari Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Kegiatan yang bertajuk silaturahim ini, selain ‘tukang pikek’ juga dihadiri oleh Ketua Pecinta Baret Hitam Sumbar (PBHS) Akang Basituo, Wali Nagari Batu Payuang yang diwakili Kepala Jorong Lareh Nan Panjang dan juga beberapa pemuka masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Ketua Pecinta Baret Hitam Sumbar (PBHS) Akang Basituo menyebutkan bahwa kegiatan Mikek Basamo Kutilang Perak ini sudah berjalan hampir tiga tahun setiap bulannya di masing – masing Kota atau Kabupaten di Sumatera Barat yang memang berlandaskan kepada silaturahim antar sesama penghobi ‘si Baret Hitam’ ini.

“Selain Mikek Basamo, program PBHS ini juga merilis/melepasliarkan burung hasil pikatan yang digelar 1 x 4 bulan dalam tiap tahunnya dengan tema Melepaskan 100 ekor Burung Kutilang Perak ke Alam Liar,” ujarnya.

“Di samping itu, program PBHS lainnya juga mengedepankan sosial masyarakat yang berada di kalangan anggota beserta keluarga PBHS sendiri bahkan masyarakat sekitar yang berada di lingkup Komunitas Pecinta Baret Hitam Sumbar,”tambahnya.

Kepala Jorong Lareh Nan Panjang menyebutkan kegiatan serupa ini, merupakan jalan baik dalam bersilaturahim sesama penghobi burung kicau yang ada di Sumatera Barat. “Selain acara Mikek Basamo Kutilang Perak kita bisa bersilaturahim dan hal yang sangat positif bagi kami menjadi warga setempat, adalah salah satu ajang dalam mempromosikan Nagari kami ini,” ujarnya.

Baca Juga:Perbedaan Pemilu Proporsional Terbuka Dan Tertutup

Kegiatan Mikek Basamo Kutilang Perak se – Sumbar ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Wali Nagari Batu Payuang yang diwakili Kepala Jorong Lareh Nan Panjang Pasrizal dan Ketua PBHS Sumbar  Akang Basituo juga peserta acara Mikek Basamo Kutilang Perak lainnya.

Dalam sambutan dan pembukaannya Kepala Jorong Lareh Nan Panjang Pasrizal menyebutkan kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat lebih mengenali jenis burung pemakan buah ini tidak selalu memberikan hal buruk bagi petani, khususnya warga Nagari Batu Payuang yang memang mayoritas petani buah-buahan.

Ia berharap bersama Pemerintah Batu Payuang, nantinya kegiatan yang serupa hendaknya lebih banyak lagi peserta yang ikut berpartisipasi supaya dengan semakin banyaknya penghobi Kutilang Perak akan menambah tali silatrahim sesama penghobi khususnya di Sumatera Barat dan di Indonesia umumnya.

Pembukaan acara Mikek Basamo Kutilang Perak se – Sumbar ini ditandai dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Pemerintah Nagari Batu Payuang sebagai lokasi yang dipilih dalam kegiatan mikek basamo dari Ketua Pecinta Baret Hitam Sumbar Akang Basituo yang diserahkan langsung kepada jorong Lareh Nan Panjang Pasrizal dan disaksikan oleh peserta Pikek Basamo Kutilang Perak dan juga masyarakat setempat.

Setelah pukul 16.00 WIB Minggu (28/5), waktu yang dtentukan panitia atau tuan rumah dalam ajang silaturahim mikek basamo ini dapat disimpulkan untuk para pemenang : Juara 1 Datuak Marajo dari PBHS Bintang Agam dengan point 8 ekor, Juara 2 Fandra dari PBHS Alahan Panjang dengan jumlah point 4 ekor, menyusul Juara 3 Samsul dari PBHS Tanah Datar dengan point sebanyak 4 ekor. Kemudian Juara Favorit atau Juara Kicauan dengan mengambil 3 terbaik, yaitu Favorit 1 Ade dari PBHS Paliko dengan point 12,  Favorit 2 Mak Syahrial dari PBHS Paliko dengan jumlah point 11 dan Favorit 3 Ramadhan PBHS Tanah Datar dengan total point 4. Juara Cengkram diraih oleh Ade 2 point dari PBHS Paliko, Risky 1 point dari PBHS Paliko, Adira 1 point dari PBHS Paliko dan Parmen 1 point dari PBHS Paliko. Ajang Mikek Basamo Kutilang Perak se – Sumbar Edisi Mei 2023 ini, berhasil diraih untuk Juara Team oleh PBHS PALIKO dengan total point 23 ekor dari perwakilan daerahnya yang hadir untuk total seluruh burung yang didapat 44 ekor diantaranya sisanya PBHS Bintang Agam 8 ekor, PBHS Alahan Panjang 8 ekor, PBHS Tanah Datar 2 ekor, dan PBHS Solok 3 ekor.

Kegiatan yang bertajuk silaturahim ini juga tak terlepas dari partisipasi dan dukungan dari para petinggi pemerintah setempat, baik itu Nagari tempat berlangsung kegiatan maupun dari Nagari tetangga. Salah satunya Wali Nagari Sitanang yang merupakan nagari tetangga juga ikut berpartisipasi dalam suksesnya kegiatan mamikek basamo ini dengan memberikan bingkisan piala/trophy untuk para juara, tak terlepas juga dari Wali Nagari Batu Payuang yang mana juga turut memberikan bingkisan trophy untuk para juara.

Baca Juga: Pacu Jawi Luak Limopuluah, Tradisi Unik Mengadu Kecepatan Sapi Dan Joki Dalam Lumpur

Selain dari para sponsor, seluruh anggota PBHS Paliko yang merupakan tuan rumah acara juga tak tinggal diam dalam memeriahkan acara dengan memberikan puluhan bingkisan untuk acara diantaranya Kotak Pikek, Tali Burung/Katorok, Pakan Ternak, trophy dan lainnya yang tak lain tenaga serta fikirannya. 

Di penghujung kegiatan Ketua Pecinta Baret Hitam Sumbar Akang Basituo menyebutkan hingga kini, komunitas PBHS ini terus dikembangkan oleh para pecinta Kutilang Perak disetiap daerah yang berada di Sumatera Barat dengan membentuk perwakilan PBHS masing – masing daerah tempat mereka berdomisili.

“Dengan perkembangan Komunitas Pecinta Baret Hitam Sumbar saat ini, tentunya kita semua berharap menjadikan Kutilang Perak sebagai burung kicau primadona dan tetap mengangkat marwah sebagai ‘Burung Legend’ dalam dunia kicau,” 

“Mikek Basamo Kutilang Perak se-Sumbar” yang menjadi program utama dan agenda bulanan PBHS ini sudah digelar semenjak November 2020 hingga seterusnya yang diwakili untuk menjadi tuan rumah oleh masing-masing daerah di Sumatera Barat, tutup Akang basi Tuo