Search

Sadar Efek Negatif Pestisida, Mari Mulai Hidup Sehat

 



Oleh:

Dr. Silvia Permata Sari, SP., MP.

Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Andalas

Akhir-akhir ini, kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin meningkat. Pola pikir tentang: kesehatan tubuh kita sangat tergantung dari apa yang kita makan semakin tinggi. Dengan mengosumsi makanan yang aman dan sehat, akan dihasilkan tubuh yang sehat juga. Dalam menjaga hidup tetap sehat, sebagian orang mengonsumsi pangan yang dibudidayakan secara organik. Produk pangan yang dihasilkan dari budidayakan secara organik diyakini lebih sehat dan memiliki rasa yang lebih manis atau lezat. Hal itu karena produk pangan tersebut tidak mengandung residu kimia yang beracun.

Pestisida kimia merupakan zat beracun yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Hal ini disebabkan pestisida sintetik mengandung bahan kimia dan dapat menyebarkan radikal bebas. Bahan kimia seperti fungisida (sasarannya: jamur), herbisida (sasarannya: gulma), dan insektisida (sasarannya: serangga) sering kali digunakan dalam pertanian konvensional (non-organik) yang residunya bisa saja tertinggal pada tanaman. Sedangjan radikal bebas dari pestisida dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh, seperti mutasi gen dan gangguan susunan syaraf pusat. Selain itu, residu bahan kimia beracun yang tertinggal pada produk pertanian dapat memicu kerusakan sel, penuaan dini, dan munculnya penyait degeneratif.

 
Produk pangan konvensional yang menggunakan pestisida kimia dan pupuk kimia biasanya meninggalkan residu. Dalam sebuah artikel penelitian yang ditulis oleh Marbun pada tahun 2015, residu dinyatakan paling banyak terdapat dalam sayuran adalah pada penggunaan pestisida organofosfat, pestisida jenis ini sangat digemari oleh petani karena memiliki daya basmi yang kuat yang biasanya digunakan pada sayuran tomat dan wortel.

Dalam penelitian tersebut, dijelaskan bahwa rata-rata penggunaan pestisida pada sayuran meninggalkan residu 0,5 mg/kg, namun demikian bila dikonsumsi secara terus-menerus akan mengakibatkan penumpukan residu pada tubuh yang tentu saja berbahaya bagi kesehatan. Menurut WHO (
World Health Organization), selama beberapa tahun terakhir banyak bermunculan penyakit akibat keracunan bahan kimia yang digunakan dalam budi daya pertanian konvensional (seperti pestisida kimia dan pupuk kimia). Hal ini disebabkan pestisida kimia yang disemprotkan ke tanaman akan masuk dan meresap ke dalam sel-sel tumbuhan, termasuk ke bagian akar, batang, daun, dan buah. Jika daun dan buah dimakan manusia, racun atau residu bahan kimia beracun tersebut akan masuk ke dalam tubuh manusia.

Bahkan beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa pestisida kimia merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker, dan gangguan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, racun kimia klorin yang terdapat pada pestisida sintetik dapat menyebabkan penyakit kanker payudara. Zat kimia tersebut juga mampu menumpuk lama di dalam tubuh manusia, hewan, dan tumbuhan sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan yang tidak seimbang. Dari hasil berbagai penelitian, juga diketahui bahwa konsentrasi metabolit pestisida sintetik pada anak-anak yang mengonsumsi pangan non-organik lebih tinggi dibandingkan konsentrasi metabolit pestisida anak-anak yang mengonsumsi tanaman organik. Faktor kesehatan sangat diutamakan dalam budidaya tanaman secara organik, karena secara langsung berhubungan dengan kesehatan tanaman maupun kesehatan manusia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan di laboratorium diperoleh tanaman dari hasil budidaya secara organik mengandung 58% zat polifenoloid. Zat polifenoloid adalah salah satu antioksidan yang berguna untuk mencegah penyakit kanker. Selain itu, berbagai penelitian mengenai residu pestisida sintetik juga sudah dilakukan di beberapa negara Asia terhadap pekerja wanita yang bekerja di perkebunan dan berhubungan langsung dengan pestisida, seperti para pekerja yang ada di Malaysia. Hampir setiap hari mereka mengaplikasikan pestisida paraquat, methamidophos, dan monocrotophos di lahan perkebunan. Akibatnya para pekerja tersebut mengalami gangguan kesehatan yang kronis dan akut, seperti gatal-gatal, sesak nafas, sakit dada, nyeri otot, mata rabun, pusing, mual, dan sakit kanker. Penelitian juga dilakukan di Amerika terhadap para pekerja wanita yang tinggal di daerah yang aplikasi pestisidanya tergolong tinggi. Hasilnya para pekerja wanita tersebut memiliki resiko dua kali lebih tinggi melahirkan bayi dalam keadaan cacat dibandingkan dengan wanita yang tinggal di daerah yang tidak menggunakan pestisida sintetik.
 

Berdasarkan uraian di atas, mari kita tingkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap apa yang kita konsumsi. Aspek kesehatan dapat dijadikan alasan bagi kita untuk mulai berubah, dan menyayangi tubuh kita. Sudah saatnya kita beralih pada gaya hidup sehat, seperti memperhatikan kebersihan dan mengolah bahan pangan tersebut dengan benar. Selalu cuci terlebih dahulu sebelum dimakan, sebaiknya dicuci pada air mengalir. Kemudian kupas dan buang kulit terluar dari sayuran/bahan pangan tersebut sebelum dikonsumsi. Terakhir, masaklah produk pangan tersebut sampai matang (artinya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah), sehingga aman bagi kesehatan kita.