-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Rakernas Via Vidcon, Menkominfo Sampaikan Hal Ini


Pariaman,- Untuk mempercepat transformasi digital Nasional, hingga saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), terus berupaya untuk mengembangkan pelatihan pemanfaatan teknologi, yang dinilai penting dilakukan untuk mengikis kesenjangan keahlian digital sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Terkait hal tersebut Kementerian Dalam Negeri, mengadakan Rapat Kerjasama Nasional (Rakernas) Akselerasi Transformasi Digital Pengembangan Sumber Daya manusia (SDM) melalui Program Literasi Digital secara virtual, di ruang rapat Walikota Pariaman, Rabu (24/2). Hadir dalam vidcon tersebut Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman Hendri, mewakili Walikota Pariaman Genius Umar.

Baca Juga: 23 Orang PPPK Terima SK

Menurut Johny G.Plate Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia yang hadir dalam rakernas tersebut sampaikan, bahwa Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) ini bertujuan untuk membentuk platform yang kokoh dalam rangka membuat masyarakat bisa memberdayakan diri mereka (self-empowering), dalam menggunakan internet secara positif sekaligus bersama-sama bertanggung jawab dalam mengurangi dampak negatif internet.

Keberadaan GNLD Siberkreasi mendapat dukungan dari banyak komunitas yang memiliki kesamaan visi dan misi dalam mempromosikan literasi digital demi internet yang lebih baik untuk masyarakat Indonesia. Hal ini sangat selaras dengan tujuan Kementrian Kominfo yang salah satunya mengajak masyarakat untuk cerdas di ranah digital.

Menkominfo juga menyatakan bahwa literasi digital berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif SDM di Indonesia agar kemampuannya tak sebatas mengoperasikan gawai. Himbauan ini juga bertujuan agar masyarakat Indonesia mampu menggunakan teknologi secara produktif dan tidak mudah terpancing Hoaks.

Johny G.Plate terangkan, “ada 5 arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan percepatan transformasi digital ini yaitu, perluasan akses & peningkatan infrastruktur digital. Roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis, Percepatan integrasi pusat data nasional, Persiapan kebutuhan SDM talenta digital, dan Regulasi, skema pendanaan & pembiayaan transformasi digital”.

Baca Juga: Terkait Akan Pelaksanaan Pemilihan Ketua KAN Koto Nan Godang, Ini Pesan Riza Falepi Dt Rajo Kaompek Suku

“Oleh karena itu digital literasi ini sangat penting sekali. Tanpa adanya digital literacy penyalahgunaan digital akan makin meluas dan makin parah, serta bisa merusak generasi muda. Digital Literacy akan dapat mengarahkan orang-orang dalam penggunaan digital baik dan benar, sekaligus bisa menumbuhkan generasi muda yang cerdas”, tandas Johny G. Plate. (humas)

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar