-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Gempa 3,3 SR Guncang Bukittinggi

 



GEMPABUMI TEKTONIK M=3,3 DIRASAKAN DI BUKITTINGGI - SUMBAR

Kejadian dan Parameter Gempabumi

Selasa, 24 Nopember 2020 pukul 14.18.22 WIB, wilayah Bukittinggi diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,3. Episenter terletak pada koordinat 0,29 LS dan 100,36 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 1 km BaratLaut BUKITTINGGI-SUMBAR, pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar sianok.

Dampak Gempabumi

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Bukittinggi I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang) . Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempabumi Susulan

Hingga pukul 14.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Rekomendasi

Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Padang Panjang, 24 November 2020

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Silaing Bawah

Irwan Slamet, S.T, M.Si

Related Posts

Related Posts