Search

Didamping Wawako, Direktorat Kesmavet Kunjungi Rumah Rendang

Payakumbuh —Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Kementrian Pertanian RI Syamsul Ma’arif beserta rombongan yang didampingi wakil walikota Erwin Yunaz kunjungi rumah Rendang Kota Payakumbuh, Jumat (9/10) kemaren. Kunjungan ini  dilakukan setelah  melihat kesiapan Rumah Potong Hewan (RPH) Modern Kota Payakumbuh.

Kedatangan Rombongan dari Kementrian di Sentra Rendang disambut langsung Kepala UPTD Pusat Pelayanan Pengembangan Rendang Kota Payakumbuh Rendi Pratama bersama Sekretaris Dinas Aznizenti beserta juga seluruh pengurus dan staff Sentra Rendang.

Alhamdulilah, kedatangan bapak Direktur Kementrian di sentra rendang kota Payakumbuh merupakan suatu keberkahan bagi kita semua disini. Karna kedatangan beliau kesini menandakan bahwa pemerintah pusat siap mendukung untuk kesiapan dan perkembangan bagi sentra rendang kota Payakumbuh kedepannya, ucap Wawako Erwin Yunaz saat mendampingi rombongan kementrian di Sentra Rendang.

Erwin Yunaz juga menyampaikan jika kedatangan Direktur dari Kementrian tersebut juga untuk melihat kesiapan ketersediaan daging yang digunakan di Sentra Rendang kota Payakumbuh.

Daging yang diolah dan digunakan untuk sentra rendang ini tentunya nanti dapat berkualitas standar internasional, dan hal ini juga musti didukung dan di fasilitasi dengan sarana yang berkualitas standar internasional juga tentunya, ungkap Wawako tersebut.

Dan tidak lupa Erwin Yunaz mengajak masyarakat kota Payakumbuh agar tidak pusing terhadap perkembangan usaha di tengah pandemi yang sedang terjadi maupun juga untuk kedepannya, mari untuk masyarakat dan UKM di kota Payakumbuh untuk bergabung ke koperasi yang telah Pemko sediakan, karna Pemko akan membantu bapak ibu semua untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas usahanya dan tentu hal ini bapak ibu juga harus serahkan ke Pemko untuk memproduksi serta juga untuk pemasarannya agar sesuai dengan standar kualitas nasional bahkan internasional supaya produk UKM Kota Payakumbuh bisa menjadi yang terdepan nantinya”, tukasnya.

Sementara itu, Direktur Syamsul Ma’arif mengatakan bahwa dengan adanya sentra rendang ini, masyarakat kota Payakumbuh sudah sangat terbantu sekali, karna bagi warga dan pelaku UKM sudah tidak perlu memikirkan lebih lagi bagaimana dengan keadaan perkembangan usahanya,

Selain sebagai wadah untuk pelaku UKM, hadirnya sentra rendang juga untuk melindungi pelaku usaha itu tentunya. Dan dengan kedatangan kami kesini tentu kedepannya sentra rendang ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya, karna targetnya nanti itu bukan hanya pasar nasional saja, tapi internasional pastinya, ungkap Syamsul.

Dan menurut Syamsul Ma’arif, apapun itu tidak bisa dikerjakan sendiri dan harus saling dikerjakan dengan bersama, dan apalagi untuk memajukan sentra rendang ini haruslah dilakukan secara gotong royong agar tercapai hasil yang maksimal.

Kita akan berusaha kedepannya untuk mengajak semua lini dan unsur agar bisa memajukan sentra rendang ini, terutama untuk yang dari pusat tentunya. Dan kita nantinya akan melibatkan BUMN dalam memajukan sentra rendang ini, karna untuk dapat meningkatkannya lagi tentu kita butuh sebuah wadah yang besar pastinya, sehingga nanti Pemko dan pelaku UKM di kota Payakumbuh lebih leluasa untuk bergerak dalam keberlangsungan dan kemajuan kedepannya, ungkapnya.

Lebih lanjut, Syamsul juga menyampaikan bahwa pemerintah (kementrian) sebagai instansi teknis harus saling bersinergi, sehingga semua lini teknis dari kementrian dapat berjalan bersama dengan satu jalan yang disediakan oleh Pemko Payakumbuh nantinya,

Saya sempat kaget juga, karna sudah ada yang datang dari daerah Jambi berkunjung melihat sentra rendang ini, dan kedepannya sentra rendang ini pasti semakin banyak yang berkunjung melihat untuk belajar. Hal ini tentu tidak bisa kita biarkan saja, kedepannya kita harus meningkatkan lagi kualitas dari sentra rendang ini agar bisa berstandar nasional dan bahkan tentunya internasional, karna selain untuk wadah UKM, sentra rendang ini juga sebagai ikon kota Payakumbuh yang sudah membranding jadi City of Randang, tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPTD Pusat Pelayanan Pengembangan Rendang Kota Payakumbuh, Rendi Pratama sangat bahagia dengan kedatangan pihak dari kementrian ke sentra rendang.

Tentu dengan kedatangan rombongan dari kementrian ini menjadi awal yang bagus bagi sentra rendang kedepannya. Dan sentra rendang kota Payakumbuh akan lebih maju pastinya dengan dapat menjalin kerjasama bersama pemerintah pusat kedepannya, harap Rendi.

Senada dengan kepala UPTD tersebut, sekretaris dinas Tenaga Kerja dan Industri Aznizenti juga berharap nanti kedepannya UPTD sentra rendang itu bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah pusat untuk kemajuan bagi UPTD dan pelaku usaha di kota Payakumbuh tentunya.(humas)