Search

Gonjong Limo Bandung Berikan Bantuan dan Sunatan Gratis Di Baruah Gunuang


Limapuluh Kota, -Perantau Gonjong Limo Kota Bandung kembali menggelar bakti sosial bagi masyarakat kampung halamannya. Kali ini para perantau asal Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh itu menggelar sunatan massal dan bantuan bagi masyarakat Kenagarian Baruah Gunuang Kecamatan Bukik Barisan.

Khitan gratis tersebut diperoleh 15 orang anak yatim dan duafa. Setiap peserta sunatan juga mendapatkan bantuan bibit Manggis, alat shalat, alquran dan bantuan sejumlah uang.

Baca Juga: KMPP Gelar Upacara HUT RI Ke 75 Dibawah Laut

Selain itu, Gonjong Limo bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Besar Baruah Gunuang (Ikbar) juga membagikan bantuan bibit, alat shalat, alquran dan uang bagi 30 anak dan keluarga duafa.

Bupati Limapuluh Kota diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Fitma Indrayani, SH dalam sambutannya pada acara sunatan massal dan bakti sosial di Nagari Baruah Gunuang, Sabtu (15/8) mengakui selama ini Gonjong Limo Bandung telah banyak berbuat dan memberikan sumbangsih bagi masyarakat di kampung halaman.

Kita sangat mengapresiasi Gonjong Limo Bandung. Tidak dipungkiri, selama ini sudah cukup banyak bantuan dari Gonjong Limo Bandung. Kita berharap kegiatan bakti sosial dan jalinan silaturahmi ini terus terjalin dan semakin meningkat pada tahun-tahun berikutnya, papar Fitma.

Fitma juga mengakui, kampun halaman sangat membutuhkan kontribusi dan sokongan para perantau. Apalagi dengan kondisi keuangan daerah yang terbatas.

Pemerintah daerah sangat berterimakasih atas perhatian perantau selama ini. Tanpa keikutsertaan perantau, sulit bagi daerah kita untuk mengejar ketertinggalan dan memposisikan diri sejajar dengan daerah maju lainnya. Sokongan itu tidak saja dalam bentuk materi, namun juga sumbang saran dan masukan buat kemajuan daerah ini, papar Fitma yang ikut didampingi Kadisdiknas Indrawati, S.Pd, M.Pd, Kabag Kerjasama Ir. Ice Yuliani, serta Kabag Humas dan Protokol Hendra, S.Pd, M.M.

Sebelumnya pengurus Gonjong Limo Bandung M Aziz dalam penyampaiannya mengatakan, kegiatan sunatan massal bagi anak yatim dan anak dari keluarga kurang mampu ini merupakan wujud kepedulian perantau di Kota Bandung terhadap masyarakat di kampung halaman.

Dikatakan, kegiatan bakti sosial itu merupakan tahun ke 16 digelar Gonjong Limo Kota Bandung. Tahun-tahun sebelumnya perantau ini juga telah melaksanakan sunatan massal gratis bagi 52 anak di Kenagarian Durian Tinggi Kecamatan Kapur 9, berikutnya buat 62 anak di Harau, serta di Kecamatan Situjuah dan kecamatan lainnya.

Untuk tahun 2021 mendatang, kami juga telah menyiapkan kegiatan bakti sosialnya di salahsatu kecamatan, tutur Aziz yang didampingi sesepuh Gonjong Limo Bandung Prof. Erman Mawardi. 

Baca Juga: BULBA Online Inovasi Mahasiswa KKN-T IPB 2020

Sementara itu serta pengurus Ikatan Keluarga Besar Baruah Gunuang (Ikbar) Ramlis kepada wartawan juga menyebut sangat berterimakasih kepada Gonjong Limo Bandung. Dikatakan, bakti sosial ini tentu menjadi motivasi bagi Ikbar untuk lebih antusias lagi berkontribusi terhadap Nagari Baruah Gunuang ke depannya.

Ikbar selama ini juga telah berkontribusi terhadap nagari. Salahsatunya dalam bentuk pembebasan lahan untuk tempat pemakaman umum dan sumbang pikiran serta lainnya, simpul Ramlis.(humas)