-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Hari ini 5 Kali Gempa Berkekuatan 4 Sampai 6,1 Guncang Indonesia



SalingkaLuak.com,-Selain memiliki banyak gunung berapi, Indonesia juga dilalui Cincin Api Pasifik yang dikenal dengan Ring Fire Fasifik. Yang ini membuat Nusantara ini rentan akan kejadian gempa bumi. Terutama Gempa tektonik.

Hari ini dalam catatan BMKG ada 5 kali gempa dengan kekuatan 4,0 sampai 6,1 Maghnitudo mengguncang beberapa daerah di Indonesia.

Baca Juga: Gubernur Sumbar : Zona Hijau Covid Diperbolehkan Pembelajaran Tatap Muka

Pertama: Gempa Donggala dengan kekuatan 4.0 Maghnitudo, gempa yang terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah, pada dini hari tadi pukul 03.31 WIB. Getaran yang terjadi pada dini hari ini memiliki kekuatan sebesar 4,0 magnitudo dan berpusat di 7 km timur Toaya, Donggala. Ada di kedaman yang cukup dangkal, yakni 4 km, gempa ini juga dirasakan di wilayah sekitarnya seperti Kota Palu.

Kedua:  gempa Jepara dengan Kekuatan 6,1 Maghnitudo, Terjadi sekitar pukul 05.54 WIB yang guncangannya terasa hingga Sumatera, Bali, dan Lombok. Kekuatannya cukup besar, yakni 6,1 magnitudo, tetapi bukan itu yang menyebabkan gempa ini terasa di wilayah yang begitu luas. Penyebabnya tidak lain adalah hiposenter gempa yang ada di kedalaman 578 km, sehingga getarannya bisa terasa hingga jauh. Titik tepatnya gempa Jepara terjadi adalah di 53 km sisi barat laut Kota Kartini ini.

Ketiga: Gempa Rangkas Bitung dengan kekuatan 5,4 Maghnitudo. Gempa ini terjadi pada pukul 11.44 WIB di 18 km sisi barat daya Rangkasbitung dengan kekuatan 5,4 magnitudo. Terjadi di kedalaman 82 km, aktivitas lempeng ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Namun Getarannya sempat dirasakan sampai wilayah DKI Jakarta

Keempat : Gempa Pangandaran 5.0 M Gempa kedua adalah yang terjadi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada pukul 12.17 WIB. Pusat getaran ini terletak di 234 km barat daya Pangandaran dan ada di kedalaman 10 km. BMKG menyatakan, gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami.


Baca Juga: Kota Padang Laksanakan Sholat idul Adha Ditengah pandemi

Kelima : Gempa Bengkulu dengan kekuatan 5,2 M tepatnya 250 km sisi tenggara Kota Enggano. Gempa yang terjadi di kedalaman 10 km ini terjadi pada pukul 13.16 WIB dengan kekuatan guncangan 5,2 magnitudo. Meski termasuk dangkal, gempa ini disebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.(kompas)
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

Mitra iklan

Hosting Unlimited Indonesia

mitra iklan

Hosting Unlimited Indonesia