Search

200 Unit Rumah Akan Dibangun Melalui DAK Di 4 Nagari


Lima Puluh Kota,-200 unit rumah di 4 (Empat) nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota akan di bangun melalui dana DAK Perumahan Tahun 2020.

Nagari Sungai Baringin 58 unit, Koto Baru Simalanggang 60 unit, Koto Tangah Simalanggang 42 unit dan Taeh Bukik 40 dengan total 3.5 M dan biaya penunjang daerah, kata Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi pada Penandatanganan SK Penerima Bantuan Sosialisasi DAK Perumahan Tahun 2020 di Kantor Camat Kecamatan Payakumbuh, Jum'at (24/7).

Baca Juga: Gempar Anak Tega Pukul Ibu Kandung Hingga Pingsan Karena Uang KIP

Nilai bantuan 17.500.000,- dengan bahan 15.000.000,- upah tukang 2.500.000,-. Program BSPS, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, stimulan dari pemerintah pusat 17.500.000. Swadaya, Tenaga, bahan dan upah, kata Irfendi Arbi.

Bantuan ini sangat di prioritaskan untuk  masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), yang mempunyai daya keterbatasan daya beli memiliki rumah sehat, kata Irfendi Arbi.

Tujuan program ini menjadikan rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni, terhuni dan sehat, tegas Irfendi Arbi.

Perbedaan bantuan  rumah dengan  Dinas Sosial, Dinas Sosial bantuan untuk masyarakat Disabilitas, Masyarakat miskin.

Baca Juga: Kubus Apung Ampuh Kumpulkan Sampah

Pada kesempatan itu Irfendi Arbi yang langsung meresmian 2 (Dua) rumah bantuan BSPS milik warga Netra Yanoni dan Elmiati mengatakan bahwa, program rehab BSPS ini penting dilakukan untuk membantu warga mendapatkan tempat tinggal yang layak huni, sehat dan nyaman.(relis)