-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Informasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat



Rabu, 20 Mei 2020
Pukul, 15.00 WIB

Total sampai hari ini telah 428 orang Warga Sumbar terinfeksi covid-19. Terjadi penambahan 8 orang lagi. Sembuh bertambah 28 orang, sehingga total sembuh 145 orang dan tidak ada penambahan yang meninggal.

Sejak kemaren sampai subuh dini hari tadi, berdasarkan hasil swab test laboratorium fakultas kedokteran UNAND  yang dipimpin oleh Dr. dr. Andani Eka Putra, M. Sc dan Balai Veteriner Bukittinggi, telah 718 sample swab diperiksa. Hal ini merupakan prestasi luar biasa, karena dengan sample sebanyak itu, kita telah menjadi pemeriksa sample nomor 2 (dua) terbanyak di Indonesia, dibawah Balitbang Kemenkes RI.

Seperti yang diumumkan tadi pagi, pertambahan terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 di Kota Padang ada sebanyak 6 orang. Namun ada 1 sample pasien dari Kota Padang masih berstatus inkonklusif, sehingga diperlukan swab test ulang. Dengan demikian, total yang telah positif ternfeksi covid-19 di Sumbar sampai hari ini adalah 8 orang yaitu dari Kota 5 Padang, Kota Padang Panjang 2 orang, dan Kab. Kep. Mentawai 1 orang.
Rinciannya sebagai berikut:

Kota Padang

1. Pria 18 th, warga Korong Gadang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

2. Pria 14 th, warga Korong Gadang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

3. Wanita 28 th, warga Batuang Taba, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

4. Wanita 62 th, warga Kuranji, pekerjaan pedagang Pasar Raya, terinfeksi karena sebagai pedagang Pasar Raya, penanganan di rawat di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

5. Pria 49 th, warga Alang Laweh, pekerjaan swasta, terinfeksi karena ada riwayat berobat ke RSUP Dr. M. Djamil, status meninggal dunia.

Kota Padang Panjang

1. Wanita 20 th, warga Guguak Malintang, pekerjaan Karyawan AB Mart, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi BPP Padang.

2. Wanita 19 th, warga Balai-Balai, pekerjaan Karyawan AB Mart, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi isolasi BPP Padang.

Kab. Kep. Mentawai

1. Pria 25 th, warga Tua Pejat, pekerjaan Polri, terinfeksi karena pulang dari Padang tanggal 4 Mei 2020, penanganan dirawat di RSUD Kab. Kep. Mentawai.

Pasien sembuh sebanyak 28 orang dengan rincian:

1. Pria 64 th, warga Nagari Koto Laweh Kabupaten Dharmasraya, pekerjaan karyawan swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Sungai Dareh.

2. Pria 41 th, warga Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena pulang dari Makassar tanggal 22 Maret 2020, pasien RSUD Sungai Dareh.

3. Pria 59 th, warga Alahan Nan Tigo Kab. Dharmasraya, pekerjaan Petani, terinfeksi karena pulang dari Makassar tanggal 22 Maret 2020, pasien RSUD Sungai Dareh.

4. Wanita 19 th, warga Sipora Selatan Kab. Kep. Mentawai, status mahasiswa, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Kab. Kep. Mentawai.

5. Pria 65 th, warga Balai Nan Duo Kota Payakumbuh, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Adnan WD Payakumbuh.

6. Wanita 33 th, warga Asrama Polsek Padang Panjang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Padang Panjang.

7. Pria 43 th, warga Koto Baru Kab. Dharmasraya, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena pulang dari Makassar tanggal 22 Maret 2020, pasien RSUD Sungai Dareh.

8. Pria 37 th, warga Koto Baru Kab. Dharmasraya, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena pulang dari Makassar tanggal 22 Maret 2020, pasien RSUD Sungai Dareh.

9. Pria 32 th, warga Kuranji Kota Padang, pekerjaan Operator di SD Lubuk Lintah, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

10. Pria 38 th, warga Parak Karakah Kota Padang, pekerjaan pegawai kontrak PU, diduga terpapar dari tempat kerja, pasien Semen Padang Hospital.

11. Wanita 31 th, warga Tabek Panjang Kab. Agam, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Puskesmas Baso.

12. Wanita 26 th, warga Tabek Panjang Kab. Agam, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Puskesmas Baso.

13. Wanita 50 th, warga Parik Putuih Kab. Agam, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Puskesmas Baso.

14. Wanita 36 th, warga Tabek Panjang Kab. Agam, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Puskesmas Baso.

15. Pria 28 th, warga Parik Muko Aia Kota Payakumbuh, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Adnan WD Payakumbuh.

16. Wanita 40 th, warga Biaro Kab. Agam, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Puskesmas Baso.

17. Wanita 45 th, warga Panorama Kab. Agam, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Puskesmas Baso.

18. Pria 26 th, warga Payakumbuah Selatan Kota Payakumbuah, pekerjaan sopir ambulance PKM Aia Tabik, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Adnan WD Payakumbuh.

19. Wanita 36 th, warga Gunuang Pangilun Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena sebagai petugas pengambilan Swab test, pasien RSUD Rasidin Padang.

20. Pria 28 th, warga Guguak Kab. Limopuluah Kota, pekerjaan karyawan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Adnan WD Payakumbuah.

21. Wanita 44 th, warga IV Angkek Kab. Agam, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Puskesmas Baso.

22. Pria 23 th, warga Balimbiang Kota Padang, pekerjaan CS Ibnu Sina, diduga terpapar dari rumah sakit, pasien RS Unand.

23. Pria 29 th, warga Bunguih Barat Kota Padang, pekerjaan pegawai PU, diduga terpapar dari tempat kerja, pasien RSUD Rasidin Padang.

24. Wanita 25 th, warga Ikua Koto Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

25. Wanita 52 th, warga Balai Gadang Kota Padang, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

26. Wanita 26 th, warga Lubuak Buayo Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

27. Pria 50 th, warga Surau Gadang Kota Padang, pekerjaan pengawas PU, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

28. Pria 41 th, warga Lubuak Bagaluang Kota Padang, pekerjaan tukang ojek, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari ini Rabu 20 Mei 2020 adalah 428 orang, dengan rincian 136 orang dirawat di berbagai Rumah Sakit, isolasi mandiri 41 orang, isolasi daerah 5 orang, Bapelkes 11 orang dan di BPSDM 60 orang, BPP Padang 7 orang, meninggal dunia 23 orang dan sembuh 145 orang.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya kami himpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas Kabupaten Kota se Sumatera Barat, Rabu 20 Mei 2020 pukul 14.00 WIB.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 8.979 orang.

Proses pemantauan 252 orang, dengan rincian karantina Pemda 33 orang dan 219 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 8.727 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 798 orang.

Dari 798 PDP tersebut, 90 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 708 orang.

Berikut rincian pasien per Kabupaten Kota, kondisi Rabu 20 Mei 2020:

1. Kota Padang
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 119 orang.
Selesai pemantauan 4666 orang.
Total ODP 4785 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 39 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 265 orang.
Total PDP 304 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 99 orang.
Isolasi mandiri 31 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 8 orang.
Isolasi BPSDM 41 orang.
Isolasi BPP Padang 5 orang.
Meninggal 17 orang.
Sembuh 74 orang.
Kasus Terkonfirmasi 275 orang.

2. Kota Padang Panjang
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian :
Proses pemantauan 2 orang.
Selesai pemantauan 136 orang.
Total ODP 138 Orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 4 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 10 orang.
Total PDP 14 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 10 orang.
Isolasi mandiri 0 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 1 orang.
Isolasi BPP Padang 2 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh 12 pasien.
Kasus Terkonfirmasi 25 orang.

3. Kota Bukittinggi
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 3 orang.
Selesai pemantauan 217 orang.
Total ODP 220 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 0 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 29 orang.
Total PDP 29 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 4 orang.
Isolasi mandiri 1 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 1 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 1 orang.
Sembuh 7 orang.
Kasus Terkonfirmasi 14 orang.

4. Kota Payakumbuh
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian :
Proses pemantauan 5 orang.
Selesai pemantauan 215 orang.
Total ODP 220 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 4 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 14 orang.
Total PDP 18 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 3 orang.
Isolasi mandiri 3 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 2 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh 5 orang.
Kasus Terkonfirmasi 12 orang.

5. Kota Solok
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 5 orang.
Selesai pemantauan 130 orang.
Total ODP 135 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 0 pasien.
Pasien negatif, pulang dan sehat 5 orang.
Total PDP 5 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 0 orang.
Isolasi mandiri 0 orang.
Isolasi daerah 1 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 0 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh 0 orang.
Kasus Terkonfirmasi 0 orang.

6. Kota Sawahlunto
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 2 orang.
Selesai pemantauan 79 orang.
Total ODP 81 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 2 orang.
Pasien nagatif, pulang dan sehat 3 orang.
Total PDP 5 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 0 orang.
Isolasi mandiri 0 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 0 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh 0 orang.
Kasus Terkonfirmasi 0 orang.

7. Kabupaten Pasaman
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 3 orang.
Selesai pemantauan 202 orang.
Total ODP 205 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 2 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 20 orang.
Total PDP 22 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 0 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 0 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh 2 orang.
Kasus Terkonfirmasi 2 orang.

8. Kabupaten Padang Pariaman
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 4 orang.
Selesai pemantauan 98 orang.
Total ODP 102 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 5 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 42 orang.
Total PDP 47 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 3 orang.
Isolasi mandiri 0 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 1 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 1 orang.
Sembuh 3 orang.
Kasus Terkonfirmasi 7 orang.

9. Kabupaten Agam
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 28 orang.
Selesai pemantauan 694 orang.
Total ODP 720 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 3 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 51 orang.
Total PDP 54 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 3 orang.
Isolasi mandiri 0 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 4 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh 10 orang.
Kasus Terkonfirmasi 17 orang.

10. Kabupaten Limapuluh Kota
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 25 orang.
Selesai pemantauan 284 orang.
Total ODP 309 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 2 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 37 orang.
Total PDP 39 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 1 orang.
Isolasi mandiri 1 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 5 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh 2 orang.
Kasus Terkonfirmasi 9 orang.

11. Kabupaten Solok
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 9 orang.
Selesai pemantauan 291 orang.
Total ODP 300orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 4 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 43 orang.
Total PDP 47 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 1 orang.
Isolasi mandiri 1 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 0 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 2 orang.
Sembuh 3 orang.
Kasus Terkonfirmasi 7 orang.

12. Kabupaten Tanah Datar
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 11 orang.
Selesai pemantauan 396 orang.
Total ODP 407 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 2 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 25 orang.
Total PDP 27 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 5 orang.
Isolasi mandiri 0 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 0 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 1 orang.
Sembuh 4 orang.
Kasus Terkonfirmasi 10 orang.

13. Kabupaten Sijunjung
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 9 orang.
Selesai pemantauan 188 orang.
Total ODP 197 Orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP) total:
Rawat (Menunggu hasil) 1 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 15 orang.
Total PDP 16 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 0 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 0 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh 0 orang.
Kasus Terkonfirmasi 0 orang.

14. Kab.Pesisir Selatan
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 5 orang.
Selesai pemantauan 317 orang.
Total ODP 322 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (menunggu hasil) 6 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 55 orang.
Total PDP 61 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 1 orang.
Isolasi mandiri 0 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 3 orang.
Isolasi BPSDM 1 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 1 orang.
Sembuh 11 orang.
Kasus Terkonfirmasi 17 orang.

15. Kab. Kep. Mentawai
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 0 orang.
Selesai pemantauan 29 orang.
Total ODP 29 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 0 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 4 orang.
Total PDP 5 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 4 orang.
Isolasi mandiri 0 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 0 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh 2 orang.
Kasus Terkonfirmasi 6 orang.

16. Kota Pariaman
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 7 orang.
Selesai pemantauan 134 orang.
Total ODP 141 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 0 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 13 orang.
Total PDP 13 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 0 orang.
Isolasi mandiri 0 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 0 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh 1 orang.
Kasus Terkonfirmasi 1 orang.

17. Kabupaten Pasaman Barat
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 8 orang.
Selesai pemantauan 250 orang.
Total ODP 258 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 2 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 16 orang.
Total PDP 18 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif)
Dirawat 0 orang.
Isolasi mandiri 0 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 0 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh  1 orang.
Kasus Terkonfirmasi 1 orang.

18. Kabupaten Dharmasraya
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 1 orang.
Selesai pemantauan 270 orang.
Total ODP 271 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 7 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 17 orang.
Total PDP 22 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 1 orang.
Isolasi mandiri 4 orang.
Isolasi daerah 4 orang
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 0 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh 8 orang.
Kasus Terkonfirmasi 17 orang.

19. Kabupaten Solok Selatan
Orang dalam pemantauan (ODP) dengan rincian:
Proses pemantauan 6 orang.
Selesai pemantauan 131 orang.
Total ODP 137 orang.

Pasien dalam pemeriksaan (PDP):
Rawat (Menunggu hasil) 5 orang.
Pasien negatif, pulang dan sehat 24 orang.
Total PDP 29 orang.

Kasus Terkonfirmasi (kumulatif):
Dirawat 1 orang.
Isolasi mandiri 0 orang.
Isolasi daerah 0 orang.
Isolasi Bapelkes 0 orang.
Isolasi BPSDM 4 orang.
Isolasi BPP Padang 0 orang.
Meninggal 0 orang.
Sembuh 0 orang.
Kasus Terkonfirmasi 5 orang.

Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemik covid-19 segera berakhir.

Aamiin

Wass ww

Tks

Jasman Rizal
Kadis Kominfo Prov. Sumbar, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar
Related Posts

Related Posts