Headline

random

Walikota Payakumbuh Terima Penghargaan Sanitasi 'Bergengsi' dari Kemenkes

Walikota Payakumbuh Terima Penghargaan STBM Award Kemenkes

SalingkaLuak.Com - Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menerima penghargaan bergengsi dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan dimaksud adalah, tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Penghargaan diterima Rabu (2/10). Bertempat di Auditorium Siwabessy Prof. Sujudi Kemenkes Republik Indonesia.

Penyerahan Award dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Prof. Dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K). Tampak hadir sejumlah kepala daerah yang peduli lingkungan. Seperti gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah.

Dihubungi pasca menerima penghargaan, Walikota mengaku bersyukur sekaligus berterima kasih kepada segenap pihak yang telah berpartisipasi sehingga penghargaan tersebut bisa diraih.

“Penghargaan ini merupakan kerja kolektif banyak pihak, sebab mewujudkan lingkungan yang bersih itu, tidak bisa kerja pemerintah kota semata. Tanpa ada dukungan masyarakat, mustahil kita bisa meraih penghargaan ini. Atas nama pribadi dan Pemko Payakumbuh kami ucapkan terima kasih," kata Riza Falepi.

Terungkap, penghargaan STBM award kali ini, diberikan kepada 19 Kabupaten dan Kota Se-Indonesia. Dari Sumatrea Barat, hanya dua daerah yang memperoleh yaitu Kota Payakumbuh dan Kota Solok.

STBM  Award, merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Rakornas STBM 2018 tentang kerjasama 5 (lima) kementerian dalam penuntasan akses sanitasi masyarakat. Award ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang telah berhasil pada pilar 1  STBM serta mengupayakan keberlanjutannya.

Kota Payakumbuh bisa mendapatkan penghargaan tersebut, karena Kota Payakumbuh satu dari 19 daerah di Indonesia yang sudah bebas dari masyarakat buang air besar sembarangan.  

Kemudian, program river front city atau sungai sebagai etalase kota, melalui program normalisasi dan reklamasi Batang Agam juga menjadi indikator. Termasuk program WC komunal dan rehab rumah tidak layak huni.(*)
Walikota Payakumbuh Terima Penghargaan Sanitasi 'Bergengsi' dari Kemenkes Reviewed by Salingkaluak on Oktober 02, 2019 Rating: 5
All Rights Reserved by SalingkaLuak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.