Search

Pembangunan Pondok Pesantren Majlis ta'lim Wal Awamil Dimulai

Limapuluh Kota,--- Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi meletakkan batu pertama pertanda di mulainya pembangunan Pondok Pesantren Majlis ta'lim Wal Awamil Kabupaten Lima Puluh Kota/Kota Payakumbuh, di Kenagarian Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, beberapa waktu yang lalu.

Peletakan batu ini dilakukan secara bergiliran, yang dimulai dari Bupati Irfendi Arbi, diikuti oleh Ketua majelis ta'lim Wal Awamil, H.Rusdi, Perwakilan Kementerian Agama Tanjungpati, tokoh masyarakat Taeh Baruah, dan disaksikan oleh seluruh majelis Wal Awamil dan masyarakat Nagari Taeh Baruah.

Dalam laporan panitia pembangunan, Ermizal mengatakan luas tanah yang akan dibangun pondok pesantren ini sekitar 8080 meter persegi, yang nantinya akan dibangun tempat belajar, asrama santri, kantor guru, dan mushola.

"Insyaallah pesantren ini akan dibangun dua tingkat, dan untuk tahap awal ini akan dibangun lantai dasar. Sampai saat ini total uang terkumpul pada saat ini Rp.104jt yang berasal dari sumbangan majelis taklim kita,"lapornya.

Selanjutnya dirinya berharap pembangunan ini terus berjalan sampai dengan diresmikannya pesantren ini. Dirinya juga menghimbau masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, khususnya Nagari Taeh Baruah untuk memasukkan anak-anaknya ke pondok pesantren tersebut nantinya, guna menciptakan anak-anak yang beraklak mulia di Kabupaten Limapuluh Kota.

Sementara itu, Bupati H. Irfendi Arbi dalam sambutanya mengapresiasi atas dibangunnya pondok pesantren Wal Awamil ini di Nagari Taeh Baruah, dimana dengan dibangunnya pondok pesantren ini diharapkan menjadi wadah untuk generasi muda untuk memperdalam agama Islam dan juga pendidikan keagamaan di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Mudahan-mudahan dengan adanya pesantren ini bisa mengetuk hati kita semua dan semoga dengan didirikannya pondok pesantren ini dapat melahirkan pendakwah-pendakwah yang handal di daerah kita nantinya," kata Bupati.

Selanjutnya Bupati juga menghimbau masyarakat untuk bergotongroyong dan mendukung pembangunan pondok pesantren tersebut sehingga pembangunan pesantren tersebut cepat terselesaikan.

"Mudah-mudahan dengan dimulainya pembangunan pesantren ini dapat menghadirkan berkah untuk Nagari kita dan Kabupaten Limapuluh Kota nantinya,"pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Wali Nagari Taeh Baruah, Syafri Dt Rajo Panghulu  mengucapkan rasa bangga dan terimakasihnya atas dilaksanakannya pembangunan Pondok pesantren Wal Awamil ini di Nagari yang ia pimpin.

"Telah bertahun-tahun kita menunggu dan mengidam-idamkan pembangunan pesantren ini. Alhamdulillah pada hari ini keinginan kita telah tercapai dengan dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan pondok pesantren ini, dan peletakan batu pertama langsung dilakukan oleh Bupati kita,"ujarnya.

Dirinya mengatakan masyarakat di Nagari Taeh Baruah sangat senang dan antusias dengan pembangunan pesantren ini, sebab menurutnya Nagari Taeh Baruah adalah salah satu nagari yang masyarakatnya sangat agamis dan menjunjung tinggi ilmu keagamaan, namun belum ada wadah tempat anak-anak untuk belajar untuk mendalami agama selama ini.


"Mudah-mudahan dengan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan pondok pesantren ini dapat  berjalan lancar sampai dengan selesai, dan kami berharap nantinya peresmian pesantren ini diresmikan langsung oleh Bupati kita,"pungkasnya.(relis)