Salingka News

random

GSB di Masjid Baiturrahim Padang Kaduduak, Wawako : Ajak Anak, Keluarga dan Tetangga Kita Sholat Berjamaah di Masjid



Humas Kominfo - Tim Safari II Gerakan Subuh Berjamaah (GSB) yang dipimpin Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, mengunjungi Masjid Baiturrahim Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate Kecamatan Payakumbuh Barat pada Sabtu (31/3) subuh.

Turut hadir pada kesempatan tersebut adir dalam kesempatan tersebut, Asisten II Amriul Dt. Karayiang, Kabag Organisasi Yonrefli, dan beberapa kepala OPD Pemko Payakumbuh lainnya. Bertindak sebagai penceramah, Ust. Hannan Putra, Lc, pengajar di Insan Cendikia Boarding School. Kegiatan dihadiri oleh ratusan jamaah Masjid Baiturrahim.

Dalam tausyiahnya setelah sholat berjamaah, Ust. Hannan Putra, Lc mengingatkan tentang keutamaan sholat berjamaah.

"Tidak sempurna sholat seseorang, yang rumahnya berdekatan dengan masjid tetapi dia tidak Sholat diberjamaah di Masjid itu," ujar Ust.Hannan mengutip salah satu hadist Rasulullah SAW.

Dijelaskan, rumah yang dekat dengan masjid itu ukurannya adalah 40 rumah ke kiri, 40 rumah ke kanan, 40 rumah ke depan dan 40 rumah ke belakang, jadi 160 rumah di sekitar masjid harus sholat nya di masjid.

"Menurut Imam Syafi'i, bahkan orang yang mendengarkan Suara Azan berarti dapat panggilan untuk berjamaah di masjid," jelas Ust. Hannan.
 
Ditambahkan, "Siapa yang tidak kenal dengan Salahuddin Al Ayyubi, panglima perang yang mampu mengalahkan pasukan salib. Bukan beliau berikan senjata yang canggih kepada pasukannya, bukan beliau latihan yang keras, tetapi Salahuddin berhasil menumbangkan pasukan salib, karena kekuatan dari sholat berjamaah yang mereka lakukan setiap waktu terutama sholat Subuh," tambahnya.

Wakil Walikota Payakumbuh saat memberi sambutan menghimbau  kepada seluruh masyarakat untuk selalu melakukan shalat jamaah di masjid.

"Lebih kurang sudah lima bulan saya bersama Pak Walikota Riza Falepi memimpin Payakumbuh kami selalu keliling untuk melakukan Subuh berjamaah. Dengan berjamaah di masjid kita mendapatkan kemudahan dan keberhasilan dari usaha-usaha yang kita lakukan," kata Erwin.

Wawako Erwin mengajak untuk jamaah untuk memulai dari mengajak anak-anak dan keluarga untuk membiasakan sholat berjamaah di masjid, dan dilanjutkan dengan mengajak kerabat dan tetangga sekitar rumah.

"Mari kita mengajak anak, keluarga kita, tetangga dan masyarakat kita untuk selalu mengerjakan sholat berjamaah di masjid terutama Subuh, seperti yang disampaikan oleh ustadz tadi, seandainya orang tahu kebesaran dibalik sholat Isa dan sholat subuh berjamaah orang akan merangkak mendatanginya. Mari konsisten dan selalu menjaga Ibadah kita kepada Allah SWT," tambah Erwin.

Wawako Erwin juga menerapkan prinsip-prinsip dan disiplin ajaran Islam di masjid serta dalam pelaksanaan sholat berjamaah termasuk hal-hal kecil yang kesannya sepele.

"Mari kita perhatikan kedisiplinan kita dalam shalat dan di masjid, dari hal yang kecil sampai kepada hal yang besar. Seperti misalnya susunan letak sandal/tarompa di masjid. Kalau susunannya bagus, orang memandang sejuk, dan tidak takut kehilangan, sehingga mereka bisa sholat dengan khusuk," pungkas Erwin.(*)
GSB di Masjid Baiturrahim Padang Kaduduak, Wawako : Ajak Anak, Keluarga dan Tetangga Kita Sholat Berjamaah di Masjid Reviewed by salingka luak on April 01, 2018 Rating: 5
All Rights Reserved by Salingka Luak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.