Search

Camat Dituntut Mampu Jalin Kerjasama

Limapuluh Kota,-Seorang camat dituntut mampu menjalin koordinasi, komunikasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh pihak termasuk Forkopimca, pemerintahan nagari dan unit kerja lainnya. Harus dipahami, camat merupakan perpanjangan tangan bupati yang ditempatkan di wilayah kecamatan.
Hal itu ditegaskan Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi dalam sambutannya dalam acara serah terima jabatan Camat Mungka dari Harman, A.Md yang memasuki masa pensiun kepada Eripal, BA selaku pelaksana tugas (plt) Camat Mungka di aula pertemuan kantor camat setempat, Selasa (3/4).

“Saya berharap, setiap Camat dapat meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu juga meningkatkan, komunikasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh pihak untuk terwujudnya kecamatan nyang lebih baik dan maju,” ungkap Bupati Irfendi.

Dikatakan, camat juga mesti mampu meningkatkan sinergitas dan menciptakan harmonisasi dan kerjasama dengan semua pihak. Tak kalah pentingnya, camat harus bisa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab serta menjamin terselenggaranya tugas-tugas pemerintahan.

“Saya berharap plt camat yang baru bisa laksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya, bekerja sesuai mekanisme dan aturan berlaku,” ingat Irfendi yang ikut didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Limapuluh Kota Ny. Monalisa Irfendi Arbi, Asisten Pemerintahan Dedi Permana, Kepala BPMD/N Ahmad Zuhdi Perama Putera, dan sejumlah unsur Forkopimda dan kepala OPD lainnya.

Begitu juga terhadap berbagai pihak lainnya termasuk seluruh lapisan masyarakat di Mungka, ujar Irfendi, hendaknya sama-sama mendukung plt camat dalam menjalankan tugas dan fungsinya di kecamatan ini.

“Harus disadari, tanpa dukungan masyarakat, camat itu sulit bagi seorang camat melaksanakan tugasnya dengan baik,” tutur Irfendi.

Lebih jauh Bupati Irfendi juga menjelaskan, seorang camat diharapkan bisa menjadi panutan bagi para bawahannya dan masyarakat. Untuk itu, pemimpin di kecamatan ini harus bisa menjaga sikap serta perilakunya. Tak kalah pentingnya, camat bersama wali nagari harus benar-benar menguasai data, situasi dan kondisi wilayah serta masyarakatnya.

Camat dan wali nagari harus tahu warganya yang tidak makan karena miskin atau warga yang dipasung karena mengalami gangguan jiwa.

“Saya tidak mau lagi ada warga yang tidak makan, atau dipasung karena mengalami gangguan jiwa. Jika ada, camat dan wali nagari harus segera menyampaikannya agar segera bisa kita sikapi,” tekan Irfendi.

Sebelum mengakhiri sambutannya Irfendi juga menyampaikan ucapan terimaksih dan apresiasi kepada camat yang pensiun Harman, AM.d yang telah mengabdi selama hampir 35 tahun di Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.


“Saya mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdian saudara Harman yang hampir 35 tahun mengabdi di daerah ini,” simpul Irfendi di hadapan ratusan masyarakar yang memadati tempat acara serahterima jabatan tersebut. (relis humas pemkab)