Salingka News

random

Tokoh Muda 50 Kota Asal Simalanggang Siap Menuju DPRD 50 Kota

                                                           
Namanya adalah Yose Ade Yanto, Lahir di Balai Rupih Simalanggang, 18 Oktober 1988, ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara, buah dari pasangan Ayah Zulfahmi dan ibu Yurnita. Yose atau Oche adalah panggilan akrabnya, ia terlahir di keluarga yang sangat sederhana, Ayahnya seorang Petani, sedangkan Ibunya bekerja sebagai Ibu rumah Tangga. Sejak kecil dia selalu di nasehati oleh ayahnya untuk selalu rajin beribadah, jujur dan baik serta peduli terhadap sesama.

Ketika berumur 6 tahun, ia memulai pendidikan di Taman Kanak-Kanak Aisyiah Simalanggan dan dilanjutkan ke Sekolah Dasar Negeri (SD Negeri ) 45 Balai Rupih Simalanggang. Sewaktu bersekolah di SD Negeri 45 Balai rupih dia selalu dipercaya oleh teman sekelasnya menjadi ketua kelas, mulai dari kelas 1 s/d 6 selalu ketua kelas milik dirinya.

kemudian setelah lulus dia melanjutkan pendidikannya di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Dangung-Dangung pada tahun 2001 - 2004. Seperti di sekolah dasar, tampuk pimpinan kelas atau ketua kelas selalu dipercayakan oleh teman2 sekelas kepadanya, mulai dari kelas 1 s/d kelas 3. Sewaktu di MTs tersebut dia mulai meningkatkan kualitas Organisasinya dengan menjadi Pengurus OSIS dan Pramuka. Disanalah dia memulai bagaimana memanjemen organisasi yang baik.

Disamping Organisasi disekolah, diluar dia juga mengikuti beberapa organisasi daerah seperti Ikatan Remaja Muhammadiyah Kabupaten Lima Puluh Kota/Kota Payakumbuh. Semasa di Mts tersebut dia juga aktif dikampung sebagai Remaja Masjid Balai Rupih Simalanggang (RISMA) dan dipercaya menjadi Ketua RISMA selama 2 periode.

Selepas lulus dari Mts di tahun 2004, dia melanjutkan ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Payakumbuh. Sama dengan di Sekolah Dasar dan MTs Ketua Kelas selalu dipercayai oleh teman-teman kepadanya. Selain itu ia juga aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah, Yose bergabung dengan organisasi OSIS yang dipercayai menjabat sebagai Ketua Bidang Pramuka waktu itu itu.

Selepas mengecapkan pendidikan di Madrasah dia melanjutkannya ke Perguruan Tinggi  di Kota Padang. Dia mengambil Jurusan Sistem Informasi Di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Jayanusa Padang. Semasa Kuliah, pria yang memeiliki Hobby Berorganisasi ini dipercayai kembali memegang tampuk pimpinan Organisasi kemahasiswaan yaitu Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Jayanusa yang sebelumnya sempat Non Aktif disebabkan karena telah Vakum beberapa tahun sebelumnya. Semasa kepemimpinannya, kembali BEM Jayanusa Aktif di BEM Nusantara dan BEM Limamira. Serta disaat itu sering kali diminta menjadi pembicara atau memberian materi di keorganisasian Mahasiswa, baik dikampus sendiri maupun undangan dari kampus laiinya.

Disaat menjalani pendidikan Tinggi di Kota Padang, Pria yang memiliki motto hidup “ sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lain “ dipercayai oleh temannya diluar kampus untuk menduduki Ketua Bidang Apresiasi Seni Budaya dan Olah raga Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah(PW IPM) Prov. Sumatera Barat dan di DPD Gerakan Pelajar Mahasiswa Perubahan GPMP) Prov. Sumatera Barat.

Pada tahun 2008, pria yang berparas tampan ini pernah mengikuti Pemilihan Duta wisata Uda dan Uni Kab. Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh. Banyak pelajaran yang didapat dalam ajang ini, baik tentang pariwisata, seni dan Budaya.

 Di tahun 2011 semasa masih melaksanakan perkuliahan, dia mengikuti seleksi Jambore Pemuda Indonesia dan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (JPI & PPAP) yang di selenggarakan oleh Kementrian Pemuda dan Olah Raga RI, berkat perjuangan dan kegigihannya tersebut, dia dipercayai menjadi Duta Sumatera Barat dalam Ajang JPI dan BPAP yang diwaktu itu dilaksanakan di Kab. Malang Jawa Timur. Dan sepulang dari kegiatan langsung Bupati Lima Puluh Kota memberikan penghargaan sebagai Pemuda Berprestasi.

Pria yang tidak cepat puas dengan pengalaman yang didapat, dia juga pernah mengikuti beberapa pendidikan Informal untuk menyeimbangi pendidikan Formal, diantaranya, Latihan Dasar Kepemimpinan, Taruna Melati, Pelatihan Fasilitator, Pendidikan wawasan kebangsaan Pemuda sumbar, Pendidikan Ketahanan Pemuda Sumatera barat, Training Of Trainer dan banyak pelatihan dan pendidikan laii yang diikutinya.

 Setelah menamatkan S1 sistem informasi pada tahu 2013, Pria  yang suka bergaul dan yang memiliki cita menjadi pengusaha  dan Politisi ini, mulai menggeluti dunia perpolitikan dengan bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa yang di rahimi oleh para ulama. Di waktu Pemilu Legislatif 2014, dia mencoba mencalonkan diri untuk DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota. Tetapi karena baru mencoba dan baru masuk kancah perpolitikan belum menjadi rezkinya menjadi wakil rakyat tersebut.

Tidak patah arang, Pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Garda Bangsa Kabupaten Lima Puluh Kota dan Wakil Ketua 1 DPD Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Provinsi Sumatera barat, selalu aktif diberbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, baik dikampungnya disimalanggang maupun di kabupaten 50 kota dan kota Payakumbuh.

 Belum lama ini, dia bersama beberapa tokoh dikota payakumbuh dan kabupaten Lima Puluh kota mendirikan sebuah perkumpulan yang peduli dengan nasib petani dan pedagang sayur mayur yang di namakan dengan Perkumpulan Petani dan Pedagang Sayur Mayur Kota Payakumbuh dan langsung dipercayai menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pendiri dan Sekretaris Pengurus harian.
    
Di Organisasi Partai Politik, saat ini Yose (Oche) tercatat sebagai sebagai Wakil Sekretaris Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Lima Puluh Kota, dan juga dipercayai sebagai tenaga ahli Fraksi PDI-Perjuangan dan PKB di DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota.

Saat ini sudah menyatakan siap untuk maju menuju DPRD Limapuluh Kota periode 2019-2024. Saat ini dibutuhkan anak muda yang siap membangun kampung dan nagari ujar Supardi salah seorang tokoh masyarakat Simalanggang. Jika ada dari kita untuk apa pilih yang lain imbuh Rian Acah menimpali Supardi.
Tokoh Muda 50 Kota Asal Simalanggang Siap Menuju DPRD 50 Kota Reviewed by zal ambo on Maret 03, 2018 Rating: 5
All Rights Reserved by Salingka Luak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.