Translate

Untuk Keterbukaan Publik, Nagari Tanjuang Haro Sikabu Kabu Padang Panjang Louching Website Nagari

- Februari 27, 2018
LIMAPULUH KOTA,--- Demi mewujudkan keterbukaan informasi publik, Nagari Tanjung Haro,Sikabu-kabu Padang Panjang, Kecamatan Luak meresmikan media Informasi publik berbasis Website dan layanan minimal nagari.

Peresmian itu, dilakukan bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi didampingi kepala Dinas Pemberdayaan desa Provinsi Sumbar, Rahman dan walinagari Tanjung Haro Sikabu-kabu, Padang Panjang, Maskar M Dt Pobo di Kantor Nagari setempat, Selasa (27/2).

Menurut Maskar DT Pobo,  media informasi ini bertujuan sebagai kesiapan bagi nagarinya dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakatnya, seperti yang telah diamanatkan di dalam undang-undang.

"Sistem yang kita terapkan adalah sistem yang peraktis mudah digunakan dan dioperasikan. Mudah -mudahan pelayanan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di kenagarian ini,"ujarnya.

Selain itu, jelas Dt Pobo website nagari Tanjung Haro selain mewujudkan tranparansi anggaran pada media informasi publik nagari, website ini juga bertujuan sebagai bentuk media informasi dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di daerahnya.

"Banyak yang bisa kita dapatkan dalam website ini, termasuk dalam mencatat database penduduk. Sehingga, dengan fitur tersebut dapat memberikan pelayanan dengan cepat, bahkan jika masyarakat ingin mengurus sesuatu akan selesai dalam waktu 3 menit," tambahnya.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengapresiasi kreatifitas yang dilakukan walinagari Tanjung Haro, Sikabu-kabu, Padang Panjang tersebut. Menurutnya, pembuatan website ini akan selalu digiatkan disetiap nagari di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Nantinya, di tahun 2018 website nagari akan terintegrasi seluruhnya dengan kabupaten. Melalui website, kita juga dapat mempublikasikan kegiatan kita di nagari,”tambahnya.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan walinagari tersebut bisa menjadi contoh yang patut diikuti oleh nagari-nagari lainya. "Melalui website tersebut maka akan lebih transparansi terkait pengelolaan keuangan di daerah kita," ungkapnya.

Senada juga diungkapkan, kepala DPMD Sumbar Rahman, menurutnya apa yang telah diterapkan di nagari Tj Haro, Sikabu-kabu, Padang Panjang patut menjadi contoh bagi 982 nagari di provinsi Sumbar.

"Atas nama provinsi kita mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada nagari dan pemerintah kabupaten Limapuluh Kota yang sudah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Untuk pelayanan website, nagari Tanjung Haro harus menjadi percontohan kedepan,"pungkasnya.(relis)

Advertisement
loading...
 

Start typing and press Enter to search