Selamat Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1439 H

Pacu jawi Hiburan Sore Di Payakumbuh dan Limapuluh Kota

- Oktober 01, 2017

Pacu jawi dalam sawah ala Luak Limopuluah memiliki khas tersendiri. Dimana Joki jawi/sapi ikut berlari menghalau sapi di dalam sawah berlumpur. Bukan hal gampang mengiringi sapi berlari dalam sawah. Butuh stamina tinggi sang joki untuk mengimbangi sapi dalam berlari di sawah.

Keunikan lain di sini,satu sapi satu joki. masing masing berlomba menuju garis finis. Sapi yang juara yaitu yang terlebih dahulu sampai di pancang finis dengan joki lengkap alias tidak tersungkur di tengah arena. Walau sampai dahulu tapi joki tersungkur maka di nyatakan gagal.

Satu race biasanya di ikuti minimal 4 ekor sapi. Berlomba laksana pacu kuda di gelanggang. tradisi pacu jawi ini sudah lama dilaksanakan di Payakumbuh dan limapuluh Kota. Terutama kecamatan Harau,Payakumbuh Utara,dan payakumbuh Timur.

Awal dahulu acara ini membawa bendera masing masing nagari yang ada di tiga kecamatan dalam dua daerah tingkat dua ini. Acara di adakan bergilir di masing masing nagari. Seiring perkembangan zaman dan perubahan sistem pembagian daerah di daerah ini pacu jawi sudah di adakan di beberapa kelurahan dan jorong dalam satu nagari.

Tergantung kesepakatan panitia nagari dimana akan di adakan. Dan sawah mana yang bisa di pakai. Hari untuk pacu jawi ini sudah di tetapkan tetap hari Senin dan Selasa. Hal ini mengingat pasar ternak di Payakumbuh pada hari Minggu.

Sebagai penyemangat panitia menyediakan beragam hadiah. Mulai dari hadiah utam sampai hadiah hiburan, Porsi hadiah sesuai kelas yang di perlombakan. Kelas pemula, Utama,Istimewa serta Kelas bergensi yang di sebut Rimbun dan Boko. Rimbun kelas puncak di hari pertama,Boko kelas utama di hari kedua. Hadiah di dapat dari sponsor sponsor acara.

Untuk Awal bulan Oktober ini tepatnya tanggal 2 dan 3 serta 9 dan 10 acara pacu jawi/sapi di adakan di sawah pacu Payolinyam Kelurahan Tigo Koto Dibaruah Koto Nan Gadang Payakumbuh Utara. Lokasi strategis berada di pinggir jalan lintas Sumbar-Riau sekitar 3km dari pusat kota Payakumbuh arah ke Pekanbaru.

Bagi pembaca yang ingin menyaksikan, acara di gelar dari jam 15.00 wib sampai jam 18.00 wib.
Advertisement
loading...

Postingan Populer

 

Start typing and press Enter to search